Banyak Dicari Untuk Bahan Baku Disinfektan, Harga Alkohol Naik di Toko Kimia Jatinegara

Banyak Dicari Untuk Bahan Baku Disinfektan, Harga Alkohol Naik di Toko Kimia Jatinegara
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA Tampak depan kios bahan-bahan Kimia milik Rudy Hermawan di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/3/2020).
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 21 Maret 2020 16:24 WIB

Terasjabar.id - Berbagai upaya ditempuh warga guna mencegah penularan virus corona Covid-19, setelah masker dan hand sanitizer yang banyak dicari hingga langka.

Kini giliran alkohol yang jadi incaran karena jadi bahan dasar pembuatan hand sanitizer dan cairan disinfektan laris diborong warga.

Rudy Hermawan, pemilik kios Anugrah Kimia di Jalan Raya Otista mengatakan jumlah warga yang datang ke tokonya membeli alkohol melonjak tajam.

"Dari minggu lalu sudah ramai yang beli, makin ke sini jumlahnya meningkat. Katanya beli untuk campuran buat cairan disinfektan dan hand sanitizer," kata Rudy di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/3/2020).

Padahal selama 14 tahun berdagang bahan-bahan Kimia tak sekalipun ada momen yang membuat pembeli datang bergerombol.

Dalam satu pekan terakhir pembeli sudah datang dan mengantre depan toko, bahkan sebelum tokonya dibuka pukul 07.00 WIB.

"Pokoknya semenjak Corona ini yang beli alkohol banyak banget. Padahal biasanya yang beli cuman pengusaha industri rumahan, sekarang campur. Orang biasa juga beli," ujarnya.

Banyaknya permintaan membuat harga alkohol ikut naik, Rudy menuturkan sejak Jumat (20/3/2020) harga per jeriken alkohol jadi Rp 35 ribu.

Naiknya harga alkohol dari yang sebelumnya Rp 29 ribu per jeriken itu disebut Rudy karena pihak distributor mulai menaikkan harga.

"Boleh tanya di toko bahan-bahan Kimia lain, sekarang malah sudah ada yang jual Rp 75 ribu per jeriken. Itu untuk kandungan alkohol 96 persen seperti yang saya jual ini," tuturnya.

(Tribunjakarta.com)


Virus Corona Covid 19 Ebola HIV SARS Toko Kimia Jatinegara


Loading...