Acep : Sampah Salah Satu Penyebab Rusaknya Lingkungan

Acep : Sampah Salah Satu Penyebab Rusaknya Lingkungan
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 12 Maret 2020 11:11 WIB

TERASJABAR.ID, KUNINGAN - Hari Peduli Sampah Nasional 2020 di Kab Kuningan ditandai pembersihan sampah di sungai Cilengkrang Kec Kramatmulya Rabu (11/3-2820).

Kegiatan Program Kali Bersih itu dibuka oleh Bupati H Acep Purnama dilokasi parkir Pasar Krucuk, dihadiri Plt. Kepala DLH Kab Kuningan, Kabag Lingkup Setda, Camat Kramatmulya, Camat dan Muspika Kecamatan Jalaksana, Muspika Kecamatan Kramatmulya, Perwakilan SKPD se-Kab. Kuningan, LSM Akar Kuningan dan warga setempat.

Plt. Kepala DLH Kabupaten Kuningan H. Maryoto, SP menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka kepedulian meningkatkan kualitas air yang ada di wilayah Kab Kuningan, terutama sungai-sungai yang sudah mengalami pencemaran, baik dari limbah sampah maupun dari limbah kotoran hewan. Kegiatan ini diikuti sekitar 250 orang terdiri Kelompok Pecinta Alam, Pramuka, pamong desa/aparatur Kecamatan, dan beberapa komunitas. “Berbagai Kegiatan telah dilakukan sejak Januari lalu” terang Maryoto.

Sesuai tema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera" Bupati H. Acep Purnama, SH., MH mengatakan, sampah adalah sesuatu yang tidak asing lagi dalam kehidupan kita.

Gambar

Program kali bersih di sungan Cikengkrang Kramatmulya-Jalaksana Jab Kuningan Rabu (11/3-2020)

Sampah juga merupakan salah satu faktor penyebab rusaknya lingkungan hidup. Apalagi ketika kita membuang sampah sembarangan diruang terbuka, hingga prasktis menimbulkan penumpukkan sampah, yang dampaknya pencemaran, baik itu tanah, air maupun udara. Kami sangat mengapresiasi Peringatan HPSN tahun ini .

Seperti kita ketahui bersama bahwa sungai sebagai sumber bencana alam yaitu banjir, apabila sungai dibiarkan untuk tempat pembuangan sampah. Pemerintah Daerah sebagai inisiator mengajak para aktor utama kegiatan HPSN 2020, yaitu Masyarakat, Aktivis, Aparat Pemerintah dan LSM di bidang lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

Hal ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah khususnya untuk memotivasi masyarakat agar semakin baik dan peduli dalam pengelolaan sampah. Sampah bukan tanggung jawab pemerintah saja, mekainkan tanggung jawab bersama lapisan masyarakat.

Target prokasih mampu membangkitkan optimisme masyarakat, dengan meningkatkan kesadaran dan kerjasama mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai mewujudkan Kab Kuningan yang bersih dan sehat. Mari budayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat, tegasnya. (H WAWAN JR)

Kuningan Bupati Acep Penyebab Kerusakan Lingkungan Sungai Cilengkrang


Loading...