Revitalisasi Situ Ciburuy, Pangkalan Damri Dipindah Sejauh 400 Meter

Revitalisasi Situ Ciburuy, Pangkalan Damri Dipindah Sejauh 400 Meter
Objek wisata Situ Ciburuy direvitalisasi hingga ke bagian depan pintu masuk utama. Dampaknya, pangkalan Bus Damri terpaksa dipindahkan. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
Editor: Admin Teras KBB —Selasa, 3 Maret 2020 16:37 WIB

Terasjabar.id -  Pangkalan Bus Damri jurusan Ciburuy-Alun-alun Bandung yang berada tepat di depan objek wisata Situ Cibiruy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dipindahkan.

Pemindahan itu bersifat permanen, seiring dilakukannya revitalisasi penataan terhadap objek wisata Situ Ciburuy dan akan dibuat taman di depan objek wisata tersebut.

"Memang sejak dilakukan penataan Situ Ciburuy, pangkalan Bus Damri Ciburuy-Alun-alun Bandung tidak lagi di depan objek wisata tersebut. Pangkalannya dipindah sekitar 400 meter ke arah barat tapi masih masuk Desa Ciburuy," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB Ade Komarudin didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Terminal Witarsa di Ngamprah, Senin (2/3/2020).

Jika melihat rencana revitalisasi Situ Ciburuy, kata Ade, di depan Situ Ciburuy atau yang sebelumnya pangkalan bus akan dibangun taman. Oleh karena itu bisa dipastikan ke depan tempat itu tidak akan kembali menjadi pangkalan bus.

Namun jika untuk menaikan atau menurunkan penumpang masih memungkinkan, karena waktu yang dibutuhkan untuk itu tidak terlalu lama.

Berbeda dengan pangkalan yang selama ini ada di depan Situ Ciburuy, yang menjadi tempat mangkal, pertukaran shift, menaikan, hingga menurunkan penumpang.

Kondisi tersebut bakal sulit dilakukan lagi, mengingat jalan di depan Situ Ciburuy adalah jalan nasional yang cukup padat. Bahkan terdapat pabrik yang jika bus berhenti terlalu lama di badan jalan bisa berdampak kepada kemacetan.

"Kami sudah komunikasi ke konsultan proyek supaya membuat ruang atau lahan di bagian depan, untuk bus menurunkan dan menaikan penumpang. Karena kalau berhenti di badan jalan pasti jadi sumber kemacetan," ujarnya.

Dirinya berharap, karena Situ Ciburuy adalah objek wisata yang sedang dikembangkan, konsep shelter atau halte yang dibuat di sana disesuaikan dengan lokasinya yang berada di objek wisata.

Sebab dengan adanya penataan tidak menutup kemungkinan wisatawan yang datang ke Situ Cibiruy akan lebih meningkat. Terlebih aksesibilitas ke tempat ini cukup mudah karena berada di pinggir jalan nasional yang menghubungkan antara Padalarang dan Cianjur.

"Bus Damri rute Ciburuy-Alun alun Bandung ini cukup efektif mengangkut penumpang. Total unit yang beroperasinya ada 15 dan berangkat setiap 15 menit sekali. Bahkan kalau revitalisasi sudah selesai bisa banyak wisatawan yang datang, memanfaatkan Bus Damri karena ongkosnya lumayan murah," tuturnya.

(Sindonews.com)

Revitalisasi Situ Ciburuy Pangkalan Damri Dipindah Sejauh 400 Meter Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...