Astronomer Temukan Bulan Mini yang Kelilingi Bumi

Astronomer Temukan Bulan Mini yang Kelilingi Bumi
Ayobandung.com
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 29 Februari 2020 17:54 WIB

Terasjabar.id - Selama ini mungkin kita hanya kenal satu Bulan sebagai satelit alami yang mengelilingi Bumi. Tapi rupanya astronomer menemukan bulan mini atau mini-moon yang sempat mengelilingi orbit Bumi.

Mini-moon juga dikenal sebagai objek yang tertangkap sementara dan merupakan asteroid yang terperangkap di orbit Bumi selama beberapa bulan atau tahun sebelum meluncur kembali ke sistem tata surya atau terbakar di atmosfer Bumi.


Dikutip detikINET dari Cnet, bulan mini ini merupakan asteroid yang ditemukan oleh Catalina Sky Survey dan diberi nama 2020 CD3. Asteroid ini bisa mengorbit Bumi karena terperangkap oleh gravitasi Bumi.



Senior Research Specialist Catalina Sky Survey Kacper Wierzchos mengatakan asteroid ini memiliki diameter antara 1,9 dan 3,5 meter. Permukaannya memiliki tingkat kecerahan yang mirip dengan asteroid yang kaya karbon lainnya.

Namun, astronomer menemukan bulan mini ini hanya singgah sementara dan akan segera meninggalkan orbit Bumi dalam waktu dekat. Bulan mini ini pertama kali menjadi tetangga Bumi sekitar tiga tahun yang lalu.

Dalam email yang mengonfirmasi penemuan Catalina Sky Survey, ilmuwan dari Center for Near-Earth Objects Studies, Shantanu Naidu, mengatakan 2020 CD3 telah melakukan pendekatan terakhirnya ke Bumi pada 13 Februari dan sedang berada di jalan keluarnya dari orbit Bumi.


2020 CD3 merupakan asteroid kedua yang memasuki orbit Bumi. Sebelumnya ada 2006 RH120 yang juga ditemukan oleh Catalina Sky Survey. Asteroid ini mengeliling Bumi selama 18 bulan dari 2006 hingga 2007.(Detik.com)

Bulan Bumi Astronomer Bulan Mini


Loading...