Pohon Pinus Tumbang dan Timpa Dua Rumah Warga Parongpong

Pohon Pinus Tumbang dan Timpa Dua Rumah Warga Parongpong
Foto/Dok.Polsek Cisarua
Editor: Admin Teras KBB —Jumat, 21 Februari 2020 07:49 WIB

Terasjabar.id -  Sebuah pohon tumbang dan menimpa dua rumah warga di Kampung Sukawana, RT 01/13, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (20/2/2020).

Akibatnya dua rumah nahas tersebut mengalami kerusakan cukup parah, namun para penghuni di dalamnya semua dalam keadaan selamat.

Dikutip dari Sindonews.com, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, insiden pohon tumbang itu terjadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Pemicunya diduga karena hujan deras yang disertai angin kencang yang turun sejak Kamis dini hari di hampir semua wilayah KBB.


"Sejak Rabu malam hujan terus turun. Apalagi angin juga berembus kencang sehingga membuat pohon berdiameter sekitar 50 sentimeter tersebut tumbang," kata Duddy.

Menurutnya pohon yang tumbang itu diprediksi sudah tua dan keropos, sehingga akarnya tidak kuat menahan kencangnya angin. Rumah warga yang rusak akibat insiden ini adalah milik Hidayat (37) yang dihuni oleh empat jiwa dan Eti (45) yang didiami tiga jiwa.

Mereka semua sudah diungsikan sementara ke tempat yang aman, sementara puing-puing pohon langsung dibersihkan oleh pihaknya.

"Pohon yang tumbang sudah kami bersihkan dan ranting maupun batang yang menimpa rumah juga sudah dipotong kecil-kecil untuk memudahkan pembersihan," ujar dia.

Duddy mengimbau warga berhati-hati dan waspada ketika musim hujan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi saat ini curah hujan sangat tinggi, karena setiap hari selalu turun hujan dan disertai angin kencang.

"Warga harus waspada, kenali lingkungan dan tempat tinggalnya. Ketika ada tanda-tanda potensi terjadi bencana langsung laporkan ke RT/RW dan pasti nanti kami tindaklanjuti," tutur Duddy.

Terpisah Kapolsek Cisarua Kompol Ikhwan Heriyanto membenarkan jika terjadi insiden pohon tumbang yang merusak dua rumah di wilayah hukumnya.

Kejadian itu tepatnya terjadi di Kampung Sukawana, RT 01/13, Kecamatan Parongpong, KBB. Pohon jenis pinus itu diduga tumbang karena akarnya sudah kering dan lapuk kemudian terhempas oleh angin kencang.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi diprediksi mencapai sekitar Rp23 juta," ungkap Ikhwan.

Pohon Pinus Tumbang dan Timpa Dua Rumah Warga Parongpong Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...