Gatot Prasetyo Pamit, Luizinho Passos Resmi Menjadi Pelatih Kiper Baru Persib Bandung

Gatot Prasetyo Pamit, Luizinho Passos Resmi Menjadi Pelatih Kiper Baru Persib Bandung
(AyoBandung.com : Google)
Editor: Epenz Hot Persib —Jumat, 10 Januari 2020 09:04 WIB

Terasjabar.id - Gatot Prasetyo resmi meninggalkan Persib Bandung. Dia menyatakan mundur per Januari 2020 karena ingin fokus mengurus pekerjaan di luar sepak bola yaitu sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Bandung.

Selama semusim bergabung dengan Persib Bandung, Gatot Prasetyo mengaku kesulitan membagi waktu antara melatih kiper Persib dan pekerjaannya sebagai Kepala Seksi Infrastruktur Kepemudaan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung.

Gatot masuk Persib Bandung menjelang Liga 1 2019. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Anwar Sanusi, pelatih yang sudah bermusim-musim memoles pemain yang berdiri di bawah mistar gawang.

Bersama Persib Bandung, Anwar Sanusi turut merasakan gelar LSI 2014 dan Piala Presiden 2015.

"Kontrak saya habis per 13 Januari. Jadi saya di tahun ini mundur dari Persib karena ada kesibukan kerja yang tidak mungkin ditinggalkan dan kemungkinan tidak bisa disambi dengan melatih di Persib," ujar Gatot Prasetyo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (9/1/2020).

Pelatih Kiper Persib Bandung, Gatot Prasetyo
Pelatih Kiper Persib Bandung, Gatot Prasetyo (Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha)

Dia akhirnya memilih meninggalkan Maung Bandung karena kalau menjalani dua-duanya tak akan berjalan maksimal.

"Apalagi Persib, kan, targetnya musim ini lebih baik. Tahun ini saya mundur dulu lah karena ada pekerjaan yang tak bisa ditinggal seperti tahun kemarin," katanya.

Sebelum menjabat sebagai pelatih kiper Persib Bandung, Gatot Prasetyo pernah menjadi pelatih kiper tim nasional U‑14, U‑16, U‑18, U-19 dan senior.

Di level klub, Gatot Prasetyo juga pernah menjadi pelatih Persib U‑21, Pelita Jaya U‑21 dan Pelita Bandung Raya.

Mengenai proyeksi ke depan, Gatot Prasetyo tak memberikan jawaban pasti mengenai kemungkinan benar‑benar berhenti sebagai pelatih dan meninggalkan sepak bola.

"Sementara ini begitu. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari," ucapnya.

Walau sudah di luar tim, dia mengatakan hubungan dengan manajemen tetap baik.

"Pemain dan semua jajaran tetap sangat baik. Siapa pun yang berada di tim ini, saya doakan dan dukung agar bisa membawa Persib lebih baik lagi," ujarnya dilansir laman resmi Persib.

Tanpa Gatot Prasetyo lagi, manajemen Persib Bandung sudah menentukan pengganti.

Dia adalah Luiz Fernando Silva Passos, yang sebelumnya menjadi pelatih kiper Borneo FC. Rumor akan bergabungnya Luizinho Passos sudah lama terdengar.

Bahkan, dia sudah diisukan akan bergabung Persib Bandung ketika mengumumkan mundur dari tim Pesut Etam.

Nama Luizinho Passos belakangan melambung karena berhasil meningkatkan kualitas M Ridho, Nadeo Argawinata, dan Gianluca Pandeynuwu.

Dia merasa terhormat menjadi bagian Persib Bandung. "Terima kasih sudah memercayai saya untuk bekerja di sini. Saya pasti senang berada di kota ini," ungkap pria yang pernah bermain untuk klub besar Brasil, Cruzeiro, kemarin.

Pelatih kelahiran Ipatinga, Brasil, 3 Maret 1975, ini tertantang untuk segera bekerja sama dengan pelatih Robert Alberts dan jajaran pelatih lain Persib Bandung.

"Saya siap melakukan tugas dengan sebaik‑baiknya di sini. Semua sudah saya persiapkan untuk membawa Persib lebih baik," ucap Luizinho Passos.

Luizinho Diikat Dua Musim

Luizinho Passos.
Luizinho Passos. (Instagram Luizinho Passos)

Sejak awal Desember 2019, Luizinho Passos sudah mengakui mendapat tawaran pindah ke Persib Bandung. Bahkan, saat dihubungi awak media pada 15 Desember, Luizinho menyatakan akan datang ke Bandung pada awal Januari ini.

Dalam wawancara itu, Luizinho mengakui sudah menerima tawaran dari manajemen Persib Bandung.

Namun, berselang 30 menit, Luizinho Passos berubah pikiran dan meminta awak media untuk tidak memublikasikan hasil wawancaranya karena menghargai kontrak bersama Borneo FC yang baru berakhir 31 Desember.

Luizinho mengaku, alasan menerima tawaran dari manajemen Persib Bandung karena tim berjuluk Maung Bandung ini merupakan tim besar.

"Saya menerima undangan dan saya pikir saya butuh tantangan baru di Indonesia, karena saya sudah tinggal di borneo selama tiga tahun," ujar Luizinho Passos ketika itu.

Bersama Maung Bandung, Luizinho Passos diikat dengan kontrak selama dua musim. Ia pun merasa tertantang untuk memberikan semua kemampuan terbaiknya dalam meningkatkan kualitas kiper Persib. (Tribunjabar.id/nazmi abdurahman)

Persib Bandung Pelatih Kiper Baru Luizinho Passos Gatot Prasetyo


Loading...