Lumpur Masih Berserakan di Villa Nusa Indah Masih Sebetis Usai Banjir, Begini Kondisinya Guyss !!

Lumpur Masih Berserakan di Villa Nusa Indah Masih Sebetis Usai Banjir, Begini Kondisinya Guyss !!
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 Januari 2020 11:04 WIB

Terasjabar.id - Banjir bandang menerjang perumahan Villa Nusa Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada awal tahun 2020 ini. Lumpur masih berserakan di mana-mana.

Pantauan detikcom pukul 09.50 WIB, lumpur tampak memenuhi jalanan blok Y12, RT 5/24, perumahan Villa Nusa Indah. Tinggi lumpur tampak sebetis orang dewasa.

Lumpur yang menumpuk tampak sangat tebal. Bau tak sedap tercium jelas. Kendaraan baik mobil maupun motor tidak bisa melintas.

detikcom mencoba menyusuri jalanan berlumpur itu dengan berjalan kaki. Terasa kaki sulit melangkah karena tebalnya lumpur. Beberapa kali orang yang melintasi jalanan berlumpur itu tampak terhuyung.

Terlihat rongsokan perabotan seperti lemari, kasur, pot tanaman, baju, mesin cuci, hingga kompor berserakan di halaman rumah. Tampak lumpur masih menyelimuti perabotan itu.

Sejumlah warga tampak membersihkan lumpur dari dalam rumahnya. Lumpur diangkat menggunakan karung goni dan di buang di samping rumahnya.

Terlihat dua pria sedang membersihkan lumpur di jalan menggunakan tongkat keruk. Mereka tampak kesulitan bergerak karena lumpur yang berada di kaki kedua pria itu sungguh tebal.


Foto: Isal Mawardi/detikcomFoto: Isal Mawardi/detikcom



Lumpur yang menutupi jalanan membuat batas parit dan jalanan tidak tampak. Terlihat tikus berlarian di pinggiran rumah warga.
Seorang warga, Indra, mengatakan lumpur mengendap sejak tanggal 2 Januari. "Di dalam rumah sih sampai masuk, sampai sebetis," ujar Indra ketika ditemui detikcom.

Indra bersama keluarganya sedang membersihkan sisa lumpur di dalam rumahnya. Lumpur yang masuk ke dalam rumah menyebabkan sejumlah perabotan milik Indra rusak.

"Mungkin (total kerugian) Rp 100-200 juta karena yang kena kebanyakan alat-alat elektronik ya TV di dalam ada 3, terus kulkas, kompor, kemudian motor (ada) 2, AC (ada) 3," ujar Indra.

Warga lainnya, Dewi, juga kesulitan membersihkan lumpur di sekitar rumahnya. Karena lumpur, aktivitasnya terbatas.

"Akses keluar masuknya (rumah) masih susah karena kayak begini (lumpur)," tutur Dewi. 

Banjir Bandang Lumpur Villa Nusa Indah Kabupaten Bogor


Loading...