Kemenkes Kerahkan Psikolog Pulihkan Trauma Warga Cipinang Melayu

Kemenkes Kerahkan Psikolog Pulihkan Trauma Warga Cipinang Melayu
(Okezone News : Google)
Editor: Jajang Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 17:45 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengerahkan tim psikologis untuk trauma healing bagi warga Cipinang Melayu, Jakarta Timur yang terdampak banjir.Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengungkapkan, tim psikologis dikerahkan untuk memberikan penguatan jiwa dan mental para warga yang harus mengungsi dari rumahnya lantaran terendam banjir.

"Kalau dari sisi psikologis, kami gerakkan teman-teman psikolog dari puskesmas maupun dari TNI-Polri ini untuk membantu supaya tidak ada trauma psikologi dampak dari pemindahan tadinya yang hidup di dalam rumah, sekarang harus mengungsi, itu kan menjadi tekanan yang berat," kata Terawan di lokasi pengungsian Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2020).

Selain petugas kesehatan, Menkes Terawan menyebut, pihaknya telah mendistribusikan sejumlah obat-obatan yang akan diperlukan oleh warga ketika menghadapi banjir seperti saat ini."Obat-obatan tadi sudah saya cek juga tersedia lengkap, tenaga-tenaga yang kami kerahkan 11 ribu lebih, jumlah pengungsi 60 ribuan katanya," ujar Terawan.

Pengungsi di Cipinang Melayu

Dia menyatakan, petugas kesehatan akan bertahan selama beberapa hari ke depan di lokasi pengungsian. Tujuannya, untuk mengantisipasi banjir susulan apabila terjadi.Selain itu, Terawan menuturkan, petugas kesehatan juga akan bertahan demi membantu warga-warga yang terserang penyakit langganan saat banjir, seperti diare dan gatal-gatal."Dan saya mengecek kesiapan air bersih maupun tempat buang air, sanitasinya," tandasnya.

Banjir Jakarta Banjir Jabodetabek Banjir Kepung Jakarta banjir


Loading...