Warga Bersihkan Lumpur di Rumah, BPBD Bersihkan Lumpur di Jalan

Warga Bersihkan Lumpur di Rumah, BPBD Bersihkan Lumpur di Jalan
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 1 Januari 2020 10:48 WIB

Terasjabar.id, Padalarang - Sehari pascabanjir yang menerjang Perumahan Cimareme Indah, Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), warga dibantu petugas BPBD KBB mulai bersih-bersih.

Sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir setinggi 1,5 meter, mengeluarkan perabotan rumahnya untuk dibersihkan. Sebagian lagi menyiram bagian dalam rumah yang masih dibanjiri lumpur.

Hendar (51), warga Perumahan Cimareme Indah Blok D 2, mengatakan semua perabotan rumahnya habis terendam banjir

"Yang bisa diselamatkan ya diamankan dulu, terus kalau yang rusak mungkin dibuang. Mungkin sekarang bersih-bersih bagian dalam rumah dulu soalnya lumpur semua," ujar Hendar saat ditemui, Rabu (1/1/2020).

(Foto: Whisnu Pradana)

Akibat banjir yang terjadi Selasa (31/12/2019) sore itu, motornya juga ikut terendam dan mengalami kerusakan. Kerugian material diperkirakan sekitar Rp 50 juta.

"Motor, barang elektronik, perabot, sama kerusakan rumah ya mungkin sekitar Rp 50 juta. Tapi yang penting semua selamat dulu kalau saya," katanya.

Sementara petugas BPBD KBB dibantu warga melakukan pembersihan lumpur yang memenuhi jalan perumahan. Pembersihan Memanfaatkan air dari irigasi yang meluap dengan penyedotan.

"Kita bersihkan dulu lumpur biar akses lebih mudah dijangkau, karena kendaraan sulit lewat sekarang. Kita juga bantu angkat perabotan yang masih di dalam rumah," tutur petugas BPBD KBB, Ceceng.

Hingga saat ini, sekitar 200 warga yang terdampak banjir saat ini masih diungsikan ke dua lokasi dekat perumahan, yakni ke Masjid Al Ikhlas dan Madrasah At-Tiin. (SDK)

 

Warga Bersihkan Lumpur di Rumah BPBD Bersihkan Lumpur di Jalan Ngamprah KBB Kabupaten Bandung Barat Banjir Tahun Baru


Loading...