Inilah Kombinasi Makanan Paling Bermanfaat

Inilah Kombinasi Makanan Paling Bermanfaat
Ilustrasi (MSN : google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 13 Februari 2024 12:38 WIB

Terasjabar.id -- BEBERAPA makanan memang lebih bermanfaat jika dimakan bersama dibandingkan jika kita makan secara terpisah. Biasanya kombinasi makanan ini memang ditujukan agar penyerapan nutrisi tersebut dapat lebih maksimal.

General Manager Pendidikan dan Pelatihan Nutrisi Global Herbalife, Susan Bowerman, memperkenalkan konsep foodcombining atau penggabungan makanan dan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap tingkat penyerapan nutrisi tubuh. Berikut lima kombinasi makanan yang paling bermanfaat bagi tubuh Anda jika disantap bersama, seperti dilansir dari Antara.


Sayuran berwarna dan lemak

Banyak buah dan sayur yang mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Merupakan pigmen alami yang memberi warna pada makanan seperti tomat, wortel dan bayam. Secara khusus, pigmen tersebut disebut likopen, beta-karoten dan lutein.

Karotenoid berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini menjadikan buah dan sayuran sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Senyawa penting ini larut dalam lemak, jadi mengonsumsi sayuran dengan lebih sedikit lemak memungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak karotenoid.

Oleh karena itu, menambahkan lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke dalam salad Anda akan membantu Anda menyerap karotenoid yang ditemukan dalam selada romaine, wortel, dan tomat.


Vitamin C dari sayur-sayuran dan biji zat besi

Zat besi ada dua jenis. Salah satunya adalah zat besi “heme” yang terdapat pada ikan dan daging. Heme pun lebih mudah masuk ke dalam tubuh dibandingkan zat besi “non-heme”, dan itu mudah kita temukan dalam makanan nabati.

Mengonsumsi vitamin C dan sumber zat besi non-heme dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Vitamin C dalam jeruk atau tomat meningkatkan penyerapan zat besi tiga kali lipat.

Tomat dari kebun membantu menyerap zat besi dari kacang-kacangan. Telur dapat membantu Anda menyerap zat besi dari makanan Anda. Menambahkan irisan jeruk ke dalam salad bayam akan meningkatkan penyerapan zat besi pada bayam.

Lemon dan Teh Hijau

Nutrisi kuat dan antioksidan dalam teh hijau, yang kerap disebut katekin, dapat membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan oksidatif. Menambahkan lemon ke dalam teh hijau mengandung vitamin C, yang memungkinkan tubuh Anda menyerap senyawa bermanfaat ini. Jika Anda tidak menyukai lemon dalam teh Anda, makanlah buah-buahan bervitamin C seperti jeruk atau jeruk bersama minuman Anda.

Ikan dan sayuran hijau

Kombinasi ikan dan sayuran dapat membantu tubuh menyerap kalsium dalam susu. Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel mengandung vitamin D, dan sayuran hijau seperti kangkung, sawi, dan lobak mengandung kalsium. Kombinasi keduanya akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari sayuran.

Campuran Nabati

Makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, merupakan sumber antioksidan terbaik. Manfaat antioksidan ini semakin besar bila dikonsumsi dalam bentuk campuran makanan.

Mengonsumsi jeruk, apel, anggur, dan blueberry telah terbukti memiliki manfaat antioksidan yang lebih besar dibandingkan hanya mengonsumsi satu buah saja dalam jumlah besar.



Disadur dari Okezone.com 

Makanan Bermanfat Kombinasi Nutrisi


Loading...