Berikut BeberapaTanaman yang Efektif Mengusir Nyamuk

Berikut BeberapaTanaman yang Efektif Mengusir Nyamuk
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 7 Februari 2024 10:49 WIB

Terasjabar.id -- MEMASUKI musim penghujan, kehadiran nyamuk menjadi ancaman tersendiri bagi manusia. Genangan air menjadi tempat ideal bagi para nyamuk untuk berkembang biak.

Tentunya kondisi ini akan berisiko menyebabkan penyakit, salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD). Meski demikian, jangan khawatir sebab ada beberapa tanaman yang efektif untuk mengusir nyamuk. Merangkum Real Simple, Rabu (7/2/2024) berikut lima tanaman yang efektif mengusir nyamuk.

1. Lavender

Lavender memiliki aroma yang harum tapi inilah yang dapat menghalau nyamuk. Tanam bunga ini di sepanjang taman. Minyak alaminya juga bisa dioleskan langsung pada kulit.

2. Rumput citronella

lavender

Pakar gaya hidup taman Carmen Johnston mengatakan sejauh ini rumput citronella paling populer mengusir nyamuk. Ini karena aromanya yang sangat menyengat.

3. Rosemary

Aroma dari tanaman rosemary tidak saja berguna di dapur tapi bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk. Rosemary bisa ditanam di dalam wadah dan dapat dijadikan pagar taman.

4. Kemangi

Kemangi dengan aroma kuatnya efektif usir nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh di tanah yang lembap dan terkena sinar matahari penuh selama enam hingga delapan jam per hari. Gulung beberapa daunnya untuk mengobati bentol akibat gigitan nyamuk.

5. Daun mint

Daun mint dengan aromanya yang menyegarkan ternyata selain enak untuk ditambahkan ke dalam minuman, tapi bisa juga untuk membantu usir nyamuk. Tanaman ini mudah tumbuh, sehingga penting sekali untuk selalu memetik daunnya tiap kali sudah besar.

Disadur dari Okezone.com 

Musim Penghujan DBD Nyamuk Mengusir


Loading...