Yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Tidur Larut Malam Setiap Hari

Yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Tidur Larut Malam Setiap Hari
batamnews.co.id
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 7 Februari 2024 10:40 WIB

Terasjabar - Begadang atau tidur larut malam adalah kebiasaan tak sehat dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik atau pun mental.

Umumnya, rata-rata orang dewasa membutuhkan 6-8 jam waktu tidur setiap hari untuk mendukung kesehatan dan fungsi optimal, dikutip dari News Medical Net.

Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen orang dewasa selalu gagal memenuhi jam tidur yang disarankan tersebut.

Dalam studi yang dilakukan oleh Universitas Chicago tentang kurang tidur pada manusia, para sukarelawan yang hanya tidur sekitar 4 jam per malam selama 6 hari berturut-turut mengalami peningkatan tekanan darah dan penurunan kadar antibodi terhadap vaksin flu.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh saat tidur larut malam setiap hari?

Ini yang terjadi pada tubuh saat tidur larut malam setiap hari

Dokter konsultan senior dari Rumah Sakit Yashoda Hyderabad, Dr Dilip Gude mencatat, tidur larut malam setiap hari tidak hanya menyebabkan serangkaian stres dan masalah metabolisme tubuh.

Akan tetapi, kebiasaan tidur yang buruk tersebut juga dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan mental.

“Siklus perbaikan alami yang terjadi saat tidur terhambat ketika orang tidur larut malam. Secara keseluruhan masa hidup menurun pada mereka yang kurang tidur kronis dan tidur larut malam,” jelas Dr Gude, dilansir dari Indian Express.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh jika selalu tidur larut malam:

1. Irama sirkadian terganggu

Tidur secara teratur setelah tengah malam dapat mengganggu ritme sirkadian alami tubuh.

Ritme sirkadian adalah jam biologis tubuh yang bermanfaat untuk mengatur proses penting bagi tubuh, mulai dari kapan waktunya Anda bangun dan tidur dalam 24 jam.

Saat ritme sirkadian terganggu, maka kondisi tersebut dapat memengaruhi pengaturan fungsi penting seperti pelepasan hormon, metabolisme, dan suhu tubuh.

2. Gangguan fungsi kognitif

Tidur larut malam yang berkepanjangan dapat mengganggu fungsi kognitif.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam konsentrasi, retensi memori, dan kewaspadaan mental secara keseluruhan.

3. Peningkatan hormon stres

Tidur larut malam dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol, yang berpotensi berkontribusi terhadap peningkatan stres, kecemasan, dan bahkan penambahan berat badan.4. Fungsi kekebalan tubuh terganggu

Efek samping lain dari kebiasaan tidur larut malam yang dilakukan setiap hari dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh terganggu.

Pada akhirnya, kondisi itu dapat membuat tubuh menjadi kurang tidur kronis, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

5. Konsekuensi metabolik

Tidur setelah tengah malam dapat mengganggu metabolisme tubuh, berpotensi menyebabkan penambahan berat badan, resistensi insulin, dan peningkatan risiko gangguan metabolisme.

Perlu diketahui bahwa tidur larut malam dan bangun siang hari adalah kebiasaan yang buruk bila dilakukan secara berulang dalam jangka panjang.

Sebab, tidur yang cukup memiliki peran yang sama pentingnya dengan pola makan dan olahraga untuk hidup sehat.

efek tidur kurang tidur malam


Loading...