Makanan Yang Enak Disantap Saat Terserang Flu di Musim Hujan

Makanan Yang Enak Disantap Saat Terserang Flu di Musim Hujan
Ilustrasi (sajiansedap.grid: google)
Editor: Admin Kuliner —Senin, 15 Januari 2024 10:40 WIB

Terasjabar.Id-Musim hujan membuat tubuh lebih rentan terserang flu. Sejumlah makanan ini paling enak disantap saat Anda sedang flu dan membuat tubuh hangat.
Sebenarnya, Anda tidak membutuhkan banyak obat dan suplemen untuk menyembuhkan flu. Sebab obat terbaik saat flu hanyalah istirahat.

Selain itu, tubuh juga harus terhidrasi dan cukup nutrisi saat kita flu. Makanan yang bernutrisi akan membantu tubuh mengurangi rasa tidak nyaman akibat flu.

Melansir dari beberapa sumber, inilah beberapa makanan yang bisa disantap saat terserang flu di musim hujan 

1. Sup ayam
Seringkali ketika sakit, orang-orang memilih makan sup ayam. Sup ayam merupakan comfort food sekaligus bisa memberikan asupan cairan dan nutrisi karena terdapat banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein.

Bawang putih yang merupakan bumbu utama dalam membuat sup ayam mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas, mengurangi kelelahan, dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu, mengurangi masalah pencernaan, bahkan mengatasi peradangan atau iritasi pada saluran lambung

2. Minuman elektrolit
Mengutip travelandleisure, hal terpenting saat terkena flu adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, apalagi jika flu disertai dengan demam.

Ahli gizi Jessica Crandal, yang berbasis di Denver menyarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Selain itu, tambahan minuman elektrolit atau air kelapa juga membantu tubuh mendapatkan sodium dan potassium.

3.Teh Hijau

Seorang ahli gizi Rena Zelig, mengatakan flu akan mengganggu saluran pernapasan bagian atas. Minuman hangat atau panas dapat membantu melegakan saluran pernapasan.

Zelig merekomendasikan untuk mengonsumsi teh hijau karena kandungan antioksidan lebih tinggi. Tambahkan sedikit madu pada teh hijau, yang bermanfaat untuk menenangkan sakit tenggorokan dan meredakan batuk.

4. Soto
Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.

5. Buah dan sayur
Makanan yang bisa dinikmati saat sedang flu di musim hujan selanjutnya adalah buah dan sayur. Untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis, sangat diperlukan makanan yang mengandung antioksidan.

Zelig mengatakan antioksidan berperan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi buah atau sayur yang bewarna cerah seperti paprika, jeruk, dan buah beri.

Sumber: cnn.com

Flu Makanan Hangat Musim Hujan


Loading...