5 Ikan Ini Memiliki Wajah yang Menyeramkan Namun Memiliki Rasa yang Lezar Ketika Dimakan

5 Ikan Ini Memiliki Wajah yang Menyeramkan Namun Memiliki Rasa yang Lezar Ketika Dimakan
National Geographic Indonesia - Grid.ID
Editor: Malda Life Style —Senin, 19 Juni 2023 10:50 WIB

Terasjabar.id - 5 Ikan Ini Memiliki Wajah yang Menyeramkan Namun Memiliki Rasa yang Lezar Ketika Dimakan 

Bentuknya menyeramkan bahkan disebut mirip seperti monster laut. Tapi beberapa ikan ini ternyata memiliki cita rasa yang enak, bahkan tak kalah dengan ikan populer.
Tak terhitung berapa banyak jenis ikan di lautan hingga di perairan. Beberapa di antaranya sempat bikin heboh, karena tampilan ikan yang terbilang menyeramkan, bahkan sampai dikira monster laut.

Terlepas dari penampilan ikan yang menyeramkan, tapi beberapa jenis ikan ini ternyata memiliki cita rasa yang enak bahkan lezat, tak kalah dari ikan-ikan populer seperti ikan salmon hingga tuna.


Dilansir dari Fish for Thought dan sumber lainnya (15/06), berikut beberapa jenis ikan yang memiliki tampilan menyeramkan namun rasanya enak.

1. Monkfish
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat Foto: Site News
Jenis ikan yang satu ini memang jarang ditemukan di restoran seafood. Tapi sejak awal tahun 2018, industri perikanan di Amerika tengah memasarkan monkfish sebagai ikan laut yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu rasanya juga enak, dan harganya cukup terjangkau.

Ikan monkfish ini memiliki julukan 'Ikan Mimpi Buruk' karena tampilannya yang menyeramkan. Selain seram, ukurannya yang besar, dan bagian mulutnya memiliki banyak taring tajam. Meski begitu, monkfish sering disajikan sebagai steak ikan yang lembut.

2. Flounder
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat Foto: Site News
Kalau di Indonesia, ikan jenis flounder lebih sering disebut sebagai ikan sebelah karena bentuknya yang pipih dan gepeng. Ikan ini sering diolah menjadi ikan bakar, yang lezat dan dilumuri bumbu spesial yang digemari banyak orang. Ikan ini juga masuk ke dalam kategori 'Real Food' karena memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Meski enak, ternyata flounder punya tampilan yang cukup menyeramkan. Ikan ini hanya memiliki satu sisi mata, dengan tubuh yang berlendir dan siripnya yang tajam mirip seperti duri.

3. Kerapu
Wow! Penemuan 5 Ikan Kerapu Terbesar di Dunia Ini Bikin Heboh
Ikan Kerapu Foto: IGFA
Ikan yang satu ini cukup populer di berbagai restoran seafood, khususnya di Indonesia. Ikan kerapu punya rasa yang gurih, dengan daging ikn yang lembut. Biasanya disajikan sebagai pindang atau kerapu kukus.

Meski sudah populer, rupanya kerapu masuk ke dalam jenis ikan yang memiliki tampilan menyeramkan. Ikan kerapu memiliki mulut yang sangat besar, bagian tubuhnya juga lebar dan kuat. Untungnya ikan ini punya rasa yang enak, apalagi kalau diolah menjadi ikan bakar.

4. Lele
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat
Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat Foto: Site News
Penggemar pecel lele, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan renyah gurih yang satu ini. Bentuknya yang pannjang dan berwarna hitam, rupanya tidak membuat para penggemarnya ketakutan.

Ikan lele atau catfish disebut sebagai ikan dengan tampilan yang paling jelek. Tubuhnya yang memanjang, licin, dan bagian mulut yang tidak memiliki gigi membuatnya tampak buruk rupa. Ditambah dengan kumis lele yang khas.


Ternyata fungsi kumis lele berguna sebagai sensor untuk menemukan mangsanya dan mendeteksi perubahan kadar air, keren ya?

5. Patin
Resep Ikan Patin Bumbu Kuning
Ikan patin. Foto: Getty Images/iStockphoto/mohdafzam
Ikan yang satu ini mirip dengan ikan lele karena sama-sama memiliki kumis (siluriform). Ikan patin merupakan hasil persilangan antara ikan hiu dan ikan lele, sehingga tubuhnya mirip ikan hiu namun memiliki kumis seperti ikan lele.

Di Indonesia, ikan patin cukup populer. Sering diolah menjadi pindang, semur, gulai, hingga jadi ikan goreng. Padahal sebelum diolah jadi makanan yang enak, patin punya bentuk yang menyeramkan. Tampilannya mirip hiu, kepalanya mirip seperti lele, dan matanya yang aneh.

Baca artikel detikfood, "Bentuknya Mirip Monster, 5 Ikan Ini Ternyata Rasanya Lezat" selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-6779682/bentuknya-mirip-monster-5-ikan-ini-ternyata-rasanya-lezat.



Ikan Jenis Ikan Rasa enak Bentuk Monster Viral enak


Loading...