Berikut Beberapa Kebiasaan yang Berakibat pada Kerusakan Gigi

Berikut Beberapa Kebiasaan yang Berakibat pada Kerusakan Gigi
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 29 Mei 2023 13:27 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu bagian tubuh yang sangat penting adalah gigi. Gigi berperan penting dalam proses pengunyahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat dan kuat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin sikat gigi dan menjaga makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Selain itu, kita juga bisa menjaga kesehatan gigi dengan menghindari kebiasaan yang dapat merusak gigi, Melansir dari laman WebMD, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari ternyata berakibat pada kerusakan gigi. Simak baik-baik, ya.

1. Terlalu Banyak Makan Manis

Makanan manis seperti cokelat dan permen memang enak untuk dimakan kapan saja. Namun, konsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Makanan manis dapat menimbulkan gigi berlubang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, makanan manis dan lengket seperti permen lunak seringkali tertinggal di sela-sela gigi sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan. Sisa makanan inilah yang menjadi tempat berkembang biak bakteri yang dapat merusak gigi.

2. Mengunyah Es Batu

hampir semua orang pasti pernah mengunyah es batu. Memang es batu tidak memiliki rasa seperti halnya permen yang manis. Namun, kebiasaan ini justru dapat merusak gigi. Sifat es batu yang dingin dan keras dapat membuat gigi rentan mengalami keretakan. Selain itu, mengunyah es batu juga dapat menyebabkan iritasi pada jaringan lunak yang terdapat di dalam gigi. Akibatnya, gigi akan menjadi sakit seketika atau bisa juga mengalami sakit gigi dalam jangka waktu yang panjang.

3. Membuka Sesuatu dengan Gigi

Siapa yang sering membuka bungkus makanan menggunakan gigi? Salah satu kebiasaan ini ternyata bisa menjadi menjadi pemicu kerusakan gigi. Menggunakan gigi untuk membuka botol minuman atau bungkus makanan rentan membuat gigi mengalami kerusakan bahkan pecah. Oleh karena itu, kebiasaan ini sebaiknya segera dihentikan. 

4. Menggigit Pensil


menggigit pensil biasanya dilakukan untuk bisa mendapatkan kembali konsentrasi saat sedang belajar atau bekerja. Namun, kebiasaan menggigit pensil juga bisa berdampak pada gigi. Sama halnya saat mengunyah makanan yang keras seperti es, menggigit pensil justru dapat membuat gigi mengalami keretakan. Paling parahnya lagi, gigi bisa pecah karena kebiasaan ini.


Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang tanpa disadari ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Yuk segera hentikan kebiasaan tersebut.

Disadur dari Yoursay.id 

Makanan Sikat Gigi Kesehatana Kerusakan


Loading...