Berikut Beberapa Manfaat Salicylid Acid untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berikut Beberapa Manfaat Salicylid Acid untuk Kesehatan Kulit Wajah
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Mei 2023 13:24 WIB

Terasjabar.id -- Salicylid acid adalah salah satu kandungan yang sering kita temui dalam skincare. Salicylid acid adalah senyawa yang tergolong ke dalam kategori asam hidroksi beta atau BHA. Senyawa ini memiliki sifat antiimflamasi dan antibakteri.

Salicylid acid juga dapat larut dalam minyak, berarti salicylid acid dapat menembus kulit pada tingkat yang lebih dalam. Hal ini membuat salicylid acid cocok untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, ternyata salicylid acid juga memiliki manfaat lain bagi kulit wajah.

Lantas apa saja manfaat lain salicylid acid bagi kulit? Dilansir dari halodoc, berikut ini adalah empat manfaat salicylid acid untuk kulit wajah. Simak penjelasan selengkapnya.

1. Membantu Eksfoliasi Kulit

Salicylid acid termasuk ke dalam senyawa BHA yang dapat digunakan untuk pengelupasan kulit. Pengelupasan dengan salicylid acid dianggap sebagai pengelupasan kimia sehingga tidak ada butiran yang menggosok sel-sel kulit mati seperti pada scrub. Sebaliknya, pengelupasan kimia seperti salicylic acid dengan lembut melarutkan sel-sel kulit mati, yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bercahaya dari waktu ke waktu. 

2. Membantu Mengurangi Peradangan

Salicylid acid juga memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan kulit. Salicylid acid adalah asam yang cukup lembut untuk sebagian besar orang dengan kulit sensitif dan rentan terhadap kemerahan dan/atau rosacea. Pastikan untuk menggunakan salicylid acid sesuai petunjuk, karena penggunaan eksfoliator yang berlebihan dapat menyebabkan kekeringan. 

3. Menghilangkan Kotoran dan Minyak Berlebih

Salicylid acid larut dalam minyak dan mampu menembus lebih dalam ke pori-pori. Hal ini membuat salicylid acid untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sebum berlebih. Hasilnya, pori-pori tampak lebih kecil, yang berarti kulit tampak lembut, kenyal, dan halus.


4. Meredakan Jerawat

Salicylid acid memiliki sifat keratolitik sehingga dapat menggali jauh ke dalam kulit untuk melarutkan sumbat. Hal ini juga membantu mengurangi munculnya hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat, dan membuat warna kulit lebih merata.

Nah, itulah empat manfaat salicylid acid bagi kulit wajah. Ternyata selain mengatasi kulit berjerawat, salicylid acid memiliki banyak manfaat lain bagi kulit.

Disadur dari Yoursay.id 

Salicylid acid Kulit Wajah Manfaat


Loading...