Berikut Beberapa Manfaat Lavender untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

Berikut Beberapa Manfaat Lavender untuk Kesehatan Kulit dan Wajah
Ilustrasi (Bola.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 9 Mei 2023 13:55 WIB

Terasjabar.id -- Lavender merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan sebagai produk pengharum karena memiliki aroma khas dari minyak astiri atau minyak esensialnya.

Belakangan banyak sekali produk khusus untuk kulit dan wajah yang menggunakan bahan dasar lavender karena tumbuhan tersebut diyakini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit dan wajah.

Melansir halaman hellosehat, berikut ini 5 manfaat lavender yang salah satunya adalah dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

1. Mengurangi jerawat

Manfaat lavender untuk kesehatan kulit wajah yang pertama adalah dapat mengurangi jerawat dengan mengaplikasikan minyak lavender pada wajah.

Minyak lavender memiliki sifat antibakteri dengan konsentrasi 0,25 persen yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Cutibakterium Acnes.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Bagi yang memiliki luka pada kulit wajah, dapat memanfaatkan lavender untuk mempercepat penyembuhannya. Hal tersebut karena minyak lavender diyakini memiliki potensi untuk mengurangi ukuran luka.

Menurut penelitian, minyak lavender dapat merangsang pembentukan jaringan ikat dan protein kulit sehingga mampu membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

3. Meredakan eksim

Eksim merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan kulit yang ditandai dengan kulit wajah kering, gatal hingga mengelupas. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat peradangan pada kulit.

Minyak lavender diyakini dapat mengatasi hal tersebut karena memiliki senyawa fitonutrien yang bersifat antiradang. Oleh sebab itu, gejala eksim dapat mereda karena minyak lavender dapat meredakan peradangannya.

4. Mencegah penuaan

Minyak lavender memiliki beberapa senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat menghambat tanda penuaan, seperti kerutan pada wajah.

Antioksidan sendiri dipercaya dapat menangkal kerusakan pada sel-sel kulit akibat paparan radikal bebas. Adapun beberapa kandungan yang bersifat antioksidan pada minyak lavender adalah campene, eugenol, hingga terpinolene.

5. Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk

Manfaat lavender bagi kesehatan kulit dan wajah berikutnya adalah dapat mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk. Hal tersebut karena minyak lavender memiliki senyawa anti radang yang dapat mengurangi sensitivitas pada kulit sehingga tidak lagi merasakan gatal akibat gigitan nyamuk.

Tidak hanya itu, lavender juga memiliki senyawa bernama linalool yang dapat mengganggu indra penciuman nyamuk, sehingga nyamuk akan menjauhi sumber bau tersebut.

Demikian ulasan mengenai 5 manfaat lavender yang tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit tubuh, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk pada kulit.

Disadur dari Yoursay.id 

Lavender Kesehatan Kulit Manfaat


Loading...