BERIKUT Beberapa Cara Menambah Hormon Progesteron yang Bisa Membantun Meningkatkan Kehamilan

BERIKUT Beberapa Cara Menambah Hormon Progesteron yang Bisa Membantun Meningkatkan Kehamilan
The Asian Parent// Google
Editor: Malda Teras Health —Rabu, 26 April 2023 14:22 WIB

Terasjabar.id - BERIKUT Beberapa Cara Menambah Hormon Porgesteron yang Bisa Membantun Meningkatkan Kehamilan 

Progesteron merupakan hormon yang memiliki sejumlah peran penting bagi wanita, salah satunya dalam mewujudkan kehamilan.

Kekurangan progesteron pada wanita dapat memberikan efek buruk, seperti infertilitas, keguguran, menstruasi tidak teratur, dan sebagainya.

Dilansir dari Healthline, agar hormon progesteron meningkat, ada cara-cara yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih akan membuat tubuh wanita memproduksi lebih banyak estrogen. Efeknya, hal ini bisa memicu ketidakseimbangan hormon, tak terkecuali progesteron.

Berat badan ideal memang tidak langsung membuat produksi progesteron meningkat. Namun, kondisi ini akan membantu mendukung keseimbangan hormon.

2. Mengurangi Stres

Stres akan memicu produksi hormon stres. Ginjal pun akan mengubah hormon progesteron menjadi kortisol.

Untuk mengurangi stres, lakukanlah aktivitas yang menyenangkan untuk diri sendiri, seperti meditasi, membaca, mendengarkan musik, dan lainnya.

3. Tidak Berolahraga Berlebihan

Olahraga memang dapat mengurangi stres dan membuat tubuh sehat. Namun, olahraga berlebih dapat membuat tubuh memproduksi hormon stres lebih banyak ketimbang progesteron.

4. Konsumsi Chasteberry

Chasteberry merupakan bahan herbal yang banyak digunakan untuk meningkatkan produksi progesteron.

Chasteberry bekerja dengan cara merangsang kelenjar pituitary untuk menghasilkan lebih banyak hormon pelutein (luteinizing). Nantinya, hormon tersebut akan memberi sinyal kepada ovarium untuk memproduksi lebih banyak progesteron.

5. Akupunktur

Akupunktur merupakan salah satu cara alami mengembalikan ketidakseimbangan hormon. Penelitian menunjukkan, risiko keguguran berkurang bila akupunktur dilakukan di awal dan rutin selama hamil.

Namun, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menjalani akupunktur.

6. Cukup Tidur

Melansir Medical News Today, jam tidur yang kurang akan meningkatkan hormon stres dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Orang dewasa diharuskan tidur antara 7 dan 9 jam setiap malamnya.

7. Krim

Krim progesteron sering digunakan untuk meningkatkan kadar hormon progesteron. Penggunaannya dapat dilakukan di area pergelangan tangan, lengan, perut, ataupun paha sebanyak dua kali sehari.

Masih dari Healthline, wanita pre-menopause yang ingin mendapatkan hasil terbaik dapat menggunakan krim ini selama empat belas hari sebelum memasuki periode menstruasi.

Pada wanita menopause, disarankan untuk menggunakannya selama 21 hari, lalu berhenti selama 7 hari. Kemudian, ulangi penggunaannya.

8. Pil

Pil progesteron dapat diminum untuk meningkatkan kadar hormon progesteron. Namun, organ hati memecah progesteron dengan cepat, sehingga pasokannya di dalam aliran darah menjadi sedikit.

9. Makanan Mengandung Progesteron

Beberapa makanan dapat membantu merangsang produksi progesteron di dalam tubuh, di antaranya.

  • Kacang polong
  • Brokoli
  • Kubis
  • Kale
  • Kacang-kacangan
  • Labu
  • Bayam
  • Biji-bijian utuh

Itulah beberapa cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa Anda terapkan. Namun, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengungkapkan, tidak ada cara yang paling baik untuk menangani kadar progesteron rendah.

“Tidak ada studi yang menyatakan mana yang lebih baik. Kalau memang tujuannya terapeutik, bisa dikonsultasikan dengan dokter, sediaan (pengobatan) yang cocok apa,” kata dr. Astrid Wulan.



(Sumber: Klikdokter.com) 


Progesteron Hormon Wanita Viral Kehamilan Menstruasi cara meningkatkan hormon progesteron


Loading...