Inilah Penyebab Kenapa Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Inilah Penyebab Kenapa Berat Badan Naik Setelah Lebaran
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 26 April 2023 09:34 WIB

Terasjabar.id -- TERNYATA ini penyebab kenapa berat badan naik setelah lebaran selalu terjadi bagi sebagian orang.

Pasalnya saat Idul Fitri disuguhkan oleh banyak makanan dan juga kudapan yang tanpa sadar, membuat kita terlalu banyak makan dan kadang membuat berat badan kita naik drastis.

Ternyata ini penyebab kenapa berat badan naik setelah lebaran dilansir dari berbagai sumber:

Berat badan

1. Makanan tinggi kalori

Setelah lewat bulan ramadhan, pola makan kita akan kembali normal. Pasalnya, hari-hari biasa kita hanya makan di malam hari, saat lebaran dan seterusnya kita dapat makan dengan bebas sepanjang hari. Namun selain dari pola makan, jenis makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada berat badan.

Saat lebaran, makanan yang tersaji di setiap rumah biasanya seperti opor ayam, rendang, kue-kue kering, atau kudapan lainnya memiliki kandungan kalori, lemak, kolesterol hingga gula yang tinggi. Jika kandungan itu dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menyebabkan berat badan naik.

2. Mengkonsumsi gula berlebih

Tidak dapat dipungkiri jika di hari lebaran, kita akan banyak disuguhkan dengan kudapan dengan kandungan gula yang tinggi. Diantaranya adalah jenis-jenis kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, hingga cookies.

Kandungan gula ini dapat membuat hormon di tubuh berubah jika berlebihan. Perubahan ini akan berpengaruh pada energi, nafsu makan, pembakaran kalori hingga penyimpanan lemak. Akibatnya, berat badan seseorang akan dengan mudah naik karena kelebihan lemak di tubuh.

3. Tidak berolahraga

Mungkin sebagian dari kita jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga selama ramadhan. Kurangnya olahraga saat berpuasa akan membuat berat badan lebih cepat naik setelah lebaran. Hal ini karena olahraga akan membantu membakar kalori dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

4. Kurang tidur

Saat bulan ramadhan, kita akan lebih banyak melakukan aktivitas malam seperti shalat tarawih, sahur, hingga itikaf di malam lailatul qadar. Bagi orang yang kurang bisa untuk mengatur pola istirahatnya, kegiatan di bulan ramadhan dapat membuatnya kurang tidur dan istirahat.

Kurang tidur akan membuat tubuh mengalami perubahan hormon yang berujung pada rasa lapar berlebih dan membuat orang akan makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat seseorang menjadi kalap mata saat lebaran dan berat badan menjadi naik setelahnya.

Itulah penyebab kenapa berat badan naik setelah lebaran.

Disadur dari Okezone.com 

Berat badan Naik Lebaran


Loading...