Berikut Beberapa Penyebab Sepatu Bau yang Jarang Disadari Kerap Dilakukan

Berikut Beberapa Penyebab Sepatu Bau yang Jarang Disadari Kerap Dilakukan
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 22 Desember 2022 13:26 WIB

Terasjabar.id -- Masih banyak orang yang belum tahu sebenarnya apa saja penyebab sepatu bau. Hal inilah yang membuat mereka merasa kesulitan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya bau pada sepatu.

Sepatu memang digunakannya di bagian kaki. Walaupun di kaki terasa nyaman, akan menjadi berubah tidak nyaman bila muncul bau tidak sedap. Ketahui penyebabnya supaya bisa mencegah. Yuk, simak!

1. Ventilasi Kurang

Penyebab pertama, ventilasi di dalam sepatu kurang. Secara umum, jenis bahan atas sepatu dibuat mempunyai pori-pori. Tujuannya supaya mampu menyerap keringat dari dalam dan dapat menyerap air yang asalnya dari luar.

Begitu juga dengan jenis boot, walaupun tampaknya anti air pada bagian luarnya, bila dicermati biasanya bagian dalam akan dilapisi dengan kain. Jadi, tetap terasa nyaman saat dikenakan. Sebaiknya cegah alas kaki satu ini dari kondisi lembap.

2. Tidak Menggunakan Kaos Kaki

Penyebab sepatu bau selanjutnya yaitu tidak menggunakan kaos kaki saat mengenakannya. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa pemakaian kaos kaki mampu mencegah timbulnya bau tidak sedap.

Apalagi untuk yang bahannya dari katun, di mana sifatnya mudah menyerap keringat. Jadi, sebaiknya gunakan kaos kaki saat memakai sepatu. Jangan lupa juga untuk mengganti kaos kaki secara rutin dan tidak terlalu lama menaruhnya dalam sepatu.

3. Terlalu Sering Memakainya

Sepatu perlu bernapas, sama halnya dengan manusia. Ketika terlalu sering memakainya tanpa rutin membersihkan, akan membuat peluang menimbulkan bau tidak sedap yang muncul semakin besar.

Sebab, air maupun keringat yang meresap pada bagian pori-pori sepatu tidak ada peluang untuk mengalami penguapan. Alternatif untuk mengatasinya bisa dengan berganti sepatu alias memakai lebih dari satu supaya bau yang timbul bisa diminimalisir.

4. Menggunakannya saat Kondisi Kaki Kotor atau Basah

Penyebab sepatu bau terakhir yaitu menggunakannya saat kondisi kaki masih kotor atau basah. Sebaiknya sebelum memakai sepatu, bersihkan kaki dari kotoran terlebih dahulu. Selain itu pastikan juga kondisinya kering.

Kalaupun sepatu kotor dan dibersihkan, akan lebih sulit membersihkannya. Apalagi untuk jenis slip on, di mana bagian ujung atau posisi area jari kaki sulit dijangkau. Bukan hanya sulit dibersihkan tapi juga paling lembab dan lebih lama proses pengeringannya.

Bila tidak ingin sepatu yang kamu pakai bau, hindari penyebab yang sudah disebutkan tersebut. Jadi, pahami penyebab sepatu bau dengan baik, jangan abaikan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Septu Bau Kaki Ventilasi Kaos Kaki


Loading...