Beberapa Tips Menghadapi Patah Hati

Beberapa Tips Menghadapi Patah Hati
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 27 September 2022 10:03 WIB

Terasjabar.id -- Ketika kita memutuskan untuk jatuh cinta, kita juga seharusnya siap untuk patah hati. Segala sesuatunya pasti memiliki konsekuensi. Kita tidak bisa selamanya mengharapkan kisah cinta yang indah dan bahagia, pasti ada saja permasalahan dan badai yang menghadang dalam sebuah hubungan terutama hubungan asmara.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Jika kita tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan baik, maka siap-siaplah untuk patah hati. Patah hati memang bukan pengalaman yang sama sekali menyenangkan, tetapi bukan berarti hal yang terlalu buruk juga. Dari patah hati, kita sadar bahwa kita sudah menjatuhkan pilihan kepada orang yang salah.

Seharusnya momen patah hati bisa kita jadikan sebagai tolak ukur untuk memperbaiki kualitas diri, bukannya menjadi momen di mana kita gagal move on. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi patah hati.

1. Hapus kontak mantan

Tidak ada yang salah dengan mengambil jarak dan memutus semua akses terhadap mantan. Bukan bersikap kekanakan, karena kita sendiri yang tahu apa yang kita butuhkan.

Tanpa kontak dan kabar dari mantan, kemungkinan untuk fokus kepada diri sendiri bisa kita terapkan dengan baik. Kita bisa membatasi perasaan menyesal, bersalah, hingga kecemburuan jika bisa mengambil jarak yang tepat dengan mantan.

2. Mencari teman atau dukungan

Jangan biarkan dirimu merasa kesepian atau seorang diri. Carilah teman atau lingkungan yang dapat mendukungmu untuk beralih fokus dari apa yang sudah terjadi.

Temukan seseorang yang dapat kamu percayai untuk berbagi cerita mengenai apa yang telah kamu alami. Hal ini dapat membuat kita merasa lebih lega dan tidak lagi kesepian.


3. Mempertahankan rutinitas

Hari-hari setelah patah hati mungkin merupakan hari-hari yang berat dan kelabu, rasanya kita tidak ingin melakukan apa pun dan hanya meratapi keadaan.

Namun, jangan biarkan hal ini mengambil alih kehidupan kita. Lakukan rutinitas seperti biasa agar kita tidak mudah terjebak pada keadaan yang mengharuskan kita mengingat kembali semua kenangan di masa lalu.

Tonton Juga :

4. Mencoba kegiatan baru

Momen bangkit lagi setelah patah hati dapat kita mulai dengan mencoba berbagai kegiatan baru yang sebelumnya tidak sempat atau tidak mungkin kita lakukan ketika sedang menjalin hubungan asmara.

Misalnya, ketika kita senang menonton drama tetapi mantan tidak suka, setelah putus kita jadi bisa menonton drama sepuasnya. Manfaatkan kebebasan yang kita miliki untuk melakukan banyak hal.

5. Bersikap baik kepada diri sendiri

Sekuat apa pun seseorang, pada kenyataannya patah hati adalah pengalaman yang menghancurkan. Jika kita tidak bisa menolong diri kita sendiri, kita hanya akan berakhir pada kondisi yang memprihatinkan.

Berikan waktu kepada diri sendiri untuk bersedih secukupnya, tetapi hidup tetap harus berjalan. Bersikap baiklah kepada diri sendiri.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi patah hati. Jadikan semua pengalaman tidak menyenangkan menjadi nilai kehidupan yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Cinta Patah Hati Cara Menghadapi


Loading...