Sekda Dr. Dian: Pemerintah dituntut untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM

Sekda Dr. Dian: Pemerintah dituntut untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM
Editor: Epenz Teras Kuningan —Sabtu, 20 Agustus 2022 08:53 WIB

Kuningan, Terasjabar.id -- Saat Indonesia mendapatkan apresiasi sebagai salah satu negara yang berhasil mengatasi pandemic dan memulihkan ekonominya dengan cepat, diantaranya adalah ekomomi tumbuh 5,01 % triwulan I dan 5,44% triwulan II 2022, sektor-sektor strategis dan manufaktor tumbuh ekspasif, neraca perdagangan surplus 27 bulan berturut-turut, sektor transportasi dan akomodasi mulai pulih, Hal ini disampaikan Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si saat menyampaikan sambutan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH dalam acara Konser Musik Kemerdekaan dan Pameran UMKM. di halaman parkir RRI Cirebon. Jumat (19/8/2022).

Dalam Meriahkan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Cirebon menggelar Konser Musik Kemerdekaan dan Pameran UMKM 2022, Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Kuningan, dengan mengucapkan terimakasih yang setinggi - tingginya atas kerjasama dengan kabupaten kuningan agar berlangsumg dengan baik.

Lanjut Dr. Dian, dengan adanya momentum ini, sesuai dengan tema dalam HUT RI tahun 2022. Pemerintah Daerah juga dituntut harus terus berupaya untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku umkm. Pandemi yang terjadi memberikan gambaran nyata terdapat sektor yang memiliki daya tahan yang sangat baik, namun di sisi lain perlu penguatan dalam beberapa sektor ekonomi lainnya," tambahnya.

Dr. Dian berharap, ini salah satu upaya untuk mewujudkan UMKM naik kelas adalah dengan kegiatan kolaborasi pemerintah daerah bersama LPP RRI Cirebon, dapat memperkuat awareness dan kolaborasi stakeholder terkait utamanya guna meningkatkan daya saing umkm.

"Bapak Presiden Joko Widodo, menegaskan kembali pada pidatonya dalam sidang tahunan 16 agustus 2022 lalu bahwa “umkm naik kelas” adalah salah satu dari 5 agenda besar yang tidak boleh berhenti. Beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapain indonesia maju dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," tutup Sekda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI dapil Jawa Barat VIII, Herman Khaeron, Kepala Daerah se-Ciayumajakuning, Kepala BI cabang Cirebon, Hestu Wibowo, Dewan Pengawas LPP RRI Cirebon, Anwar Mujahid, Kepala Statiun LPP RRI Cirebon, Raden Muhammad Yusri Darto, Kadiskopdagperin Kuningan, Uu Kusmana, dan Kepala Bappenda Kuningan Guruh Zulkarnaen.

(H. Aboy)

Sekda Kuningan UMKM Bupti Kuningan HUT RI Ke-77 LPP RRI


Loading...