Polisi Pastikan Tak Ada Penyekatan di Bandung Selama Libur Nataru

Polisi Pastikan Tak Ada Penyekatan di Bandung Selama Libur Nataru
Asia Afrika/Traveloka.com
Editor: Malda Teras Bandung —Selasa, 21 Desember 2021 10:42 WIB

Terasjabar.id - Bandung | Kepolisian tidak akan melakukan penyekatan atau penutupan pintu masuk Kota Kembang, rekayasa lalu lintas via ganjil genap, atau pun tak menutup lokasi wisata pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.


"Untuk natal, tahun baru sesuai dengan arahan tidak ada penyekatan. Masuk Bandung seperti biasa, tidak ada ganjil genap atau putar balik. Jadi, warga ke Bandung masuk Bandung seperti biasa sebelumnya," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung di Bandung, Senin (20/12),seperti dilansir.CNN Indonesia.


Meski demikian, Aswin menyatakan pihaknya telah menyiapkan antisipasi bila ada kerumunan di sejumlah titik. Skema rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan bila terjadi kepadatan kendaraan.

"Kalau ada penumpukan seperti di Alun-alun, Asia Afrika, Pasopati, kebun binatang atau tempat yang biasa kumpul mengingatkan saja agar menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Di sisi lain, Polrestabes Bandung akan menyiapkan tes swab antigen dan vaksinasi di beberapa titik kumpul masyarakat dan tempat wisata yang ada di Kota Bandung.

"Kita siapkan gerai vaksin di lokasi tempat tujuan warga-warga yang dilaksanakan oleh polres dan forkopimda. Yang belum vaksin divaksin, yang ngumpul ngumpul imbau jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan. Prokes diingatkan supaya sehat," cetusnya.

Senada, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana memastikan tidak akan melakukan penyekatan atau penutupan jalan namun lebih mendorong penerapan protokol kesehatan yang ketat

"Saya kira tidak ada penyekatan, kita mengharapkan peningkatan prokes," ucapnya.

Suntana juga meminta masyarakat untuk bisa merayakan Nataru di rumah. Hal itu untuk mengurangi risiko terpaparnya Covid-19, terlebih saat ini muncul varian baru Omicron yang disebut memiliki daya tular yang lebih cepat.

"Kami mengimbau masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru diusahakan kalau memang tidak terlalu penting sekali tidak usah keluar rumah dan silahkan melaksanakan (libur) natal dan tahun baru di kediaman masing-masing," tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Agung Purnomo mengatakan, meski tidak ada penyekatan, namun malam tahun baru ruas jalan menuju Kota Bandung akan ditutup.

"Kalau penyekatan kita lakukan tentatif khususnya di tempat-tempat wisata dulu. Tapi, pastinya malam tahun baru kita tutup untuk di pusat kota seperti kawasan Braga, Asia Afrika, Pasopati sampai ke Kiaracondong," ujarnya.

Pihaknya bersama petugas Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan pengamanan di lapangan. "Petugas pasti di lapangan, instruksi ada di Satlantas Polrestabes Bandung," ucapnya.

Sementara itu, Pemerintah membatalkan rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 secara nasional. Sebagai gantinya, PPKM diterapkan sesuai kondisi wilayah masing-masing. (H WAWAN JR- CNN)

Polisi Bandung Nataru Penyekatan Liburan Akhir Tahun Desember


Loading...