Cara Cek Stok Vaksin dari Website Kementerian Kesehatan

Cara Cek Stok Vaksin dari Website Kementerian Kesehatan
Cara cek stok vaksin dari website Kementerian Kesehatan (vaksin.kemkes.go.id)
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 6 September 2021 14:15 WIB

Terasjabar.id - Website vaksin.kemkes.go.id Kementerian Kesehatan mengalami pembaruan. Laman ini berfungsi sebagai tempat mengetahui stok vaksin covid-19 untuk masyarakat Indonesia. Kalau Anda butuh informasi stok vaksin, Anda bisa ikuti cara cek stok vaksin di bawah ini.

Cara Cek Stok Vaksin

Kementerian Kesehatan memperbarui, menu yang awalnya hanya memuat status vaksin dan situasi covid-19. Sekarang sudah ditambah dengan menu stok vaksin. Tujuannya untuk meningkatkan transparansi dan kontrol terhadap stok vaksin baik di level provinsi maupun kabupaten/kota secara real time.

Jika Anda ingin melihat stok vaksin, Anda bisa memanfaatkan website vaksin.kemekes.go.id ini. Berikut cara cek stok vaksin melalui website.

  1. Buka website https://vaksin.kemkes.go.id/
  2. Pilih menu 'stok vaksin'.
  3. Pilih provinsi kemudian kabupaten/kota
  4. Data ketersediaan vaksin akan muncul dalam bentuk tabel dan grafik

Anda juga bisa melihat data-data berupa:

  • Jumlah penerima vaksin
  • Pemakaian
  • Stok dosis vaksin
  • Rerata vaksinasi mingguan
  • Estimasi sisa hari dari stok

Pencatatan yang dilakukan melalui sistem monitoring imunisasi dan logistik secara elektronik dilaporkan kembali secara real-time ke sistem informasi satu data Vaksinasi Covid-19. Selanjutnya ditampilkan di dashboard vaksinasi dan akan diupdate secara berkala satu hari sekali jam 17.00 WIB.

Perlu Anda ketahui, data stok vaksin yang sudah sampai di Indonesia sekitar 190 juta dosis dalam bentuk bahan baku (bulk) maupun vaksin jadi. Sementara stok vaksin yang siap didistribusikan sampai Agustus 2021 sudah mencapai 82,3 juta dosis.

Kemudian, sampai 2022, pemerintah telah mengamankan stok vaksin sebanyak 428 juta dosis untuk diberikan kepada 208, 2 juta target vaksinasi. Pendistribusian akan dilakukan secara bertahap. Hingga 8 Agustus 2021, diketahui sudah 50 juta warga Indonesia menerima vaksin dosis pertama.

Rincian vaksin yang sudah didistribusikan tersebut terdiri dari:


  • CoronaVac (Sinovac) sebanyak tiga juta dosis
  • Covid-19 Bio Farma (bahan baku dari Sinovac) sebanyak 81,4 juta dosis
  • AstraZeneca baik dari fasilitas Corvax, bilateral, dan hibah, sebanyak 14,7 juta dosis
  • Moderna sebanyak tiga juta dosis.

Demikian informasi cara cek stok vaksin terbaru. Silahkan dibuka secara berkala untuk mengetahui statusnya secara real time. (Suara.com)

Stok Vaksin Viral Indonesia Covid 19 Cek Stok Vaksin


Loading...