Memiliki Kandungan Bersifat Antiseptik, Mahasiswa Ini Buat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya

Memiliki Kandungan Bersifat Antiseptik, Mahasiswa Ini Buat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya
dok. ipb Mahasiswa IPB University yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Sukabumi membagikan handsanitizer yang terbuat dari lidah buaya hasil inovasi para mahasiswa
Editor: Admin Hot News —Kamis, 22 Juli 2021 15:51 WIB

TERASJABAR.ID - Saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, butuh dukungan  semua pihak agar pandemi segera berakhir. Beragam cara bisa dilakukan, mulai dari diri sendiri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan hingga melakukan hal-hal lain yang bisa membantu mengentaskan pandemi.

Seperti yang dilakukan Mahasiswa IPB University yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Sukabumi ini. Mereka  membagikan safety kit kepada warga Desa Cipetir, (17/7).

LIHAT JUGA:






View this post on Instagram











A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Dikutip dari laman resmi IPB, Pembagian safety kit ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Safety kit dibagikan kepada tokoh masyarakat yang sering berinteraksi dengan warga sekitar. Salah satu produk yang ada dalam safety kit adalah hand sanitizer inovasi mahasiswa.

Mereka memanfaatkan bahan alami yakni lidah buaya yang banyak tersedia di lingkungan rumah.

TONTON JUGA:

“Hand sanitizer dari lidah buaya kami masukkan ke dalam safety kit bersama dengan masker dan pamflet. Kami memilih bahan dari lidah buaya karena mudah didapatkan dan terjangkau sehingga masyarakat bisa membuatnya sendiri di rumah. Kami juga membagikan tutorial pembuatan hand sanitizier lidah buaya melalui video yang kami bagikan melalui media sosial dan pamflet,” ujar Diaz Fikry selaku Ketua Kelompok KKN-T IPB University di Sukabumi.

Menurutnya, lidah buaya (Aloe vera) adalah tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe.

BACA JUGA:Insentif Tenaga Kesehatan Akhirnya Cair, Langsung Ditransfer ke Rekening, Perawat Dapat Rp 3 Juta

Lidah buaya juga merupakan tanaman fungsional karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan.

Lidah buaya memiliki kandungan saponin, flavonoid, polifenol serta tanin yang mempunyai kemampuan untuk membersihkan dan bersifat antiseptik.

Kegiatan sosialisasi di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang, Dea Fauzia Lestari, SIK, MSi ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

Harapannya kegiatan KKN-T ini dapat memberikan manfaat dan edukasi bagi masyarakat baik di berbagai lintas usia.

“Sebagian besar masyarakat di Desa Cipetir mengetahui adanya pandemi, namun masih banyak aktivitas berkerumun dan tidak menggunakan masker saat bepergian. Saat ada yang terkena demam, masyarakat menganggap bahwa demam tersebut adalah demam biasa. Walaupun kekhawatiran akan COVID-19 tetap ada, sebagian besar warga juga belum mengikuti vaksinasi,” ujar salah satu tokoh masyarakat.

(SUMBER TRIBUNJABAR.ID)

antiseptik lidah buaya covid19


Loading...