Telah Menjalani Isolasi, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Sudah Negatif Covid-19

Telah Menjalani Isolasi, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Sudah Negatif Covid-19
(Tangkapan Layar Via Republika.co.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 12 Maret 2021 13:43 WIB

Terasjabar.id -- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D Putra telah selesai menjalani isolasi karena terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya sudah dipastikan negatif.

Kepala Bagian Protokol dan Kominikasi Pimpinan, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan keduanya sudah dipastikan negatif Covid-19 melalui tes usap (swab).

"Mereka berdua sudah melewati masa isolasi. Mereka juga sudah diswab ulang dan hasilnya negatif," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (12/3).

Ani menjelaskan, saat ini Bupati dan Wakil Bupati Ciamis belum bisa bekerja lantaran masih dalam masa pemulihan. Rencananya, mereka berdua akan mulai efektif bekerja pada Senin (15/3).

"Sekarang masih masa pemulihan, agar imun kembali kuat. Senin sudah bisa efektif bekerja," ujar dia.

FOLLOW JUGA : 



Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (27/2). Kedua pimpinan daerah itu berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Ketika diketahui terkonfirmasi positif Covid-19, keduanya langsung menjalani isolasi mandiri. Bupati Herdiat beserta keluarga menjalani isolasi mandiri di Pendopo Ciamis. Sedangkan Wakil Bupati Yana beserta istri menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Keduanya terkonfirmasi positif meski sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Kendati demikian, penyebab terpaparnya Bupati dan Wakil Bupati Ciamis bukan disebabkan pemberian vaksin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Bayu Yudiawan, mengatakan bahwa Bupati dan Wabup dipastikan bukan terpapar akibat vaksin Covid-19. Ia menjelaskan, kedua pimpinanya tertular Covid-19 dari lingkungan sekitar.

"Antibodi spesifik (kekebalan spesifik) setelah divaksin membutuhkan waktu untuk menjadi optimal sekitar satu bulan dan masih perlu penguatan (booster) suntikan kedua supaya antibodi bisa lebih optimal. Itu berkesinambungan dan membutuhkan waktu yang variatif rata-rata satu bulan," ujar dia. 

Disadur dari Republika.co.id

Bupati Ciamis Pandemi Covid-19 Prokes Isolasi


Loading...