Wagub DKI Ingatkan Bansos Tak Dipakai Beli Rokok: Nanti Bisa Kami Setop

Wagub DKI Ingatkan Bansos Tak Dipakai Beli Rokok: Nanti Bisa Kami Setop
Editor: Malda Hot News —Rabu, 10 Maret 2021 14:03 WIB

Terasjabar.id - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga DKI membelanjakan bantuan sosial (bansos) tunai untuk sembako sehari-hari. Pihaknya akan membuka kemungkinan untuk mencabut bansos tunai itu jika dibelanjakan untuk membeli rokok dan miras.

"Ya jadi memang kami meminta uang yang diterima ini dibelikan untuk bantuan sosial tunai ini untuk kepentingan sembako, tidak boleh beli rokok apalagi miras atau lain-lain," kata Riza dalam diskusi virtual bertajuk 'Efektivitas BST dalam Menunjang Kesejahteraan Masyarakat Kala Pandemi' yang disiarkan secara daring, Rabu (10/3/2021).

"Jadi sekali lagi kita minta semua peduli dan konsisten, bagaimana kalau terjadi? ya kalau memang terjadi, memang tidak ada aturan yang mengacu tentang sanksi dan sebagainya. Namun kalau itu terjadi, nanti kita ambil satu kebijakan umpamanya nanti kita hentikan bantuannya bagi mereka yang tidak menggunakan bantuan sosial tunai sesuai dengan sasaran yang disepakati," imbuhnya.

Riza mengatakan memang tidak mudah mengatur kepala keluarga agar tidak membelanjakan uang bansos tunai itu untuk membeli rokok. Namun, Riza berharap ada peran serta ibu dan anak untuk turut mengawasi pencairan bansos tunai Rp 300 ribu itu.

"Makanya kita umumkan ini, sehingga keluarga tau 'oh bapak terima uang' atau ibu terima Rp 300 ribu sehingga digunakan untuk kepentingan bersama di rumah untuk sembako tidak boleh digunakan untuk kepentingan rokok dan sebagainya," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggarisbawahi pesan Presiden Joko Widodo soal bantuan sosial (bansos) tunai agar tak digunakan bapak-bapak untuk membeli rokok. Anies meminta bansos tunai ini diprioritaskan untuk seluruh keluarga.

"Pesan saya menggarisbawahi pesan Presiden, bansos ini dimanfaatkan dengan bijak dan tepat, ini dijalankan dengan sebaik-baiknya. Pesan buat bapak-bapak, jangan beli rokok. Jadi, pemanfaatannya diprioritaskan untuk seluruh keluarga," kata Anies dalam keterangan pers tertulis di website ppid.jakarta.go.id, Senin (4/1).

Anies menerangkan warga Jakarta juga bisa membangun kegiatan usaha untuk meningkatkan pendapatan. Dia menyebut, saat pandemi ini, ada berbagai peluang yang bisa dilakukan seperti misalnya memproduksi masker untuk meraih keuntungan banyak.

"Sambil ini (bansos) berjalan, saya berharap ibu/bapak memanfaatkan untuk kegiatan wirausaha. Di DKI, ada program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT), kita berharap sembari mendapat bantuan juga, mencari peluang baru dengan meningkatkan pendapatan kita. Misalnya, produksi masker di masa pandemi ini naik," kata Anies.

"Ada peluang baru yang dulu tak ada dan sekarang malah menguntungkan. Manfaatkan peluang dan kesempatan yang ada di sekitar bapak/ibu sekalian," imbuhnya.

Anies mengatakan di masa pandemi Corona ini, kegiatan ekonomi yang menurun sangat berdampak pada pendapatan keluarga. Dengan hadirnya bansos ini, Anies berharap beban berat keluarga yang terkena dampak pandemi.

(whn/knv/Detik.com)

Bansos DKI Jakarta Wagub RIza


Loading...