Kemenpora Izinkan Timnas TC Jangka Panjang Buat Piala Dunia

Kemenpora Izinkan Timnas TC Jangka Panjang Buat Piala Dunia
Editor: Malda Hot News —Selasa, 29 Desember 2020 10:11 WIB

Terasjabar.id -- 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengizinkan Timnas Indonesia untuk menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang untuk mempersiapkan gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Menpora Zainudin Amali mengatakan PSSI telah mengusulkan untuk menggelar TC jangka panjang dalam mempersiapkan Timnas di Piala Dunia U-20. Timnas U-19 yang sudah disiapkan PSSI saat ini ditujukan untuk 2021, namun karena Piala Dunia U-20 ditunda ke 2023, maka sesuai aturan FIFA, usia pemain saat ini sudah lewat dan harus dipersiapkan ulang.

Soal persiapan Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2023 nanti, Menpora menegaskan, itu menjadi tanggung jawab PSSI. Termasuk untuk mengatur pola dan cara persiapannya.


"Ada usulan PSSI untuk menyelenggarakan TC jangka panjang supaya bisa lebih mempersiapkan Timnas. Kami di Kemenpora tinggal menunggu bagaimana perencanaan dari PSSI soal TC jangka panjang yang dimaksud," kata Menpora Zainudin dalam konferensi pers virtual, Senin (28/12).

Untuk menyelaraskan keinginan PSSI soal TC jangka panjang Timnas U-19, Zainudin mengatakan Kementerian Keuangan sudah menyampaikan kepada Kemenpora untuk mereview proposal dari PSSI tersebut sebagaimana biasanya.

Dalam rapat koordinasi antar kementerian dan lembaga terkait Piala Dunia U-20 juga telah disepakati untuk merevisi payung hukum tentang Keputusan Presiden (Kepres) dan Instruksi Presiden (Inpres) yang ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2021. Sedangkam FIFA sudah memutuskan gelaran akbar tersebut bergeser ke 2023.

Pemerintah melalui Kemenpora juga sudah menggelontorkan Rp50,6 miliar pada 27 Juli 2020 lalu untuk persiapan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021. Bagas Kaffa dkk juga sudah menjalani TC baik di dalam negeri, maupun di luar negeri seperti di Thailand, Kroasia, dan saat ini di Spanyol.

"Soal penggunaan anggaran yang sudah kami fasilitasi ke PSSI pada beberapa bulan lalu dan sudah digunakan untuk TC itu sampai 31 Desember 2020. Setelah itu kami akan lihat penggunaannya, apakah 100 persen atau tidak atau seperti apa, pasti ada pertanggungjawaban."


"Karena ini menyangkut administrasi, maka Kemenpora melalui Deputi IV akan diskusi sekaligus melakukan pendampingan ke PSSI supaya jangan sampai ada kesalahan menyangkut administasi dan pertanggung jawabannya," jelas Menpora.

Saat ini, Zainudin menyebut pihaknya masih menunggu perencanaan detail dari PSSI terkait rencana TC jangka panjang Timnas U-19. Pada intinya Kemenpora sudah mengizinkan PSSI menggelar TC jangka panjang, termasuk soal pembiayaan.

"TC jangka panjang dipersilakan. Bagaimana pembiayaannya, PSSI harus menyampaikan proposal perencanaannya ke Kemenpora, nanti kami akan review rencana dan targetnya. Seperti apa skemanya, tolong tanya ke PSSI."

"Siapa yang akan direkrut, bagaimana pola TC jangka panjang, melalui kompetisi usia muda atau bagaimana, itu PSSI. Kami menunggu karena itu bukan area kami. Soal tanggung jawab prestasi ada di PSSI," ujar Menpora.

(ttf/osc/CNN)

Timnas Indonesia TC Shin Tae Young Pandemi Virus Corona Menpora


Loading...