Pagelaran Wayang Golek Ajang Komunikasi Media Tradisional

Pagelaran Wayang Golek Ajang Komunikasi Media Tradisional
Dalang Irwana Putu Romo Gembol Sunandar dari Lingkung Seni Giri Marga bersama Bupati Kuningan, H. Acep Purnama
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 23 Oktober 2020 11:07 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengoptimalkan peran media tradisional dalam diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat, melalui pertunjukan wayang golek bertajuk, "Optimalisasi Peran dan Fungsi Forum Komunikasi Media Tradisional,"Kamis di Gedung Kesenian Raksa Wacana, Jl. Veteran Kuningan, Kamis siang (22/10-2020)

Pagelaran wayang golek yang dikemas dalam bentuk dialog interaktif itu, menampilkan Dalang Irwana Putu Romo Gembol Sunandar dari Lingkung Seni Giri Marga bersama Bupati Kuningan, H. Acep Purnama,. Hadir, Plt. Kadis Kominfo Kab.Kuningan, Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si, Ketua Forum Camat Kuningan, Kabid Kebudayaan Disdikbud Muplihudin M.Pd, Dewan Kebudayaan Kuningan, sejumlah kepala desa, serta undangan lainnya.

Bupati Acep saat dalog interaktif mengapresiasi Diskominfo Kuningan, telah menggelar pertunjukan yang ditayangkan secara virtual melalui beberapa kanal youtube. Selain dalam rangka penyampaian informasi pembangunan Kabupaten Kuningan, Pagelaran tersebut juga dapat memberikan hiburan Terlebih, wayang golek merupakan kesenian tradisional, yang mayoritas diminati masyarakat.

“Ini merupakan satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Kuningan, menggelar pertunjukan wayang golek secara virtual dan akan ditayangkan di youtube. Meski dalam situasi pandemi Covid-19, menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat dapat terus dilakukan, terlebih ini merupakan hiburan juga untuk masyarakat, luar biasa,” ungkapnya.

Bupati Acep mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada ancaman Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan dan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak dan hindari kerumunan). Karena dengan 3M, merupakan cara ampuh memutus penyebaran Covid-19, ujarnya

Lebih jauh Bupati Acep mengatakan, bahwa Pemkab Kuningan saat ini sedang melakukan berbagai pembangunan diberbagai sektor, mulai dari infrastruktur, SDM, ekonomi dan pariwisata.

“Untuk infrastruktur, pemerintah daerah saat ini sedang melakukan berbagai kegiatan pembangunan, diantaranya, melanjutkan pembangunan jalan Lingkar Timur Sampora-Kertawangunan, merevitalisasi Taman Kota menjadi Alun-Alun Kuningan dan lainnya. Sementara untuk perekonomian, kita juga sedang mengembangkan UKM-UKM dan para pelaku Ekonomi Kreatif (ekraf), karena sektor ini yang akan mampu mengembalikan perekonomian negara pasca Covid-19 selain sektor pariwisata,” tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kadiskominfo Kuningan, Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si, didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Anwar Nasihin, S.Kom., M.Si menuturkan, peran media tradisional dalam pembangunan tidak dapat dikesampingkan, karena media tradisional masih memilki tempat dihati masyarakat Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, menurut Dadi, media tradisional masih menjadi sarana efektif dalam penyampaian informasi kepada masyarakat, ungkapnya..

“Media tradisional sebagai media rakyat, selain memberikan hiburan, dapat juga membawa pesan-pesan pembangunan. Hal ini dapat terjadi karena media tersebut juga menjalankan fungsi diseminasi informasi pada khalayak. Pesan-pesan pembangunan dapat disisipkan pada pertunjukan-pertunjukan yang mengandung percakapan, seperti pagelaran wayang golek yang kita saksikan hari ini,” kata Dadi.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan platform media sosial seperti youtube, dan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan ini kita laksanakan dengan penonton yang sangat terbatas. Namun tetap dapat disaksikan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan, melalui beberapa kanal youtube yang sudah bekerjasama dengan kami,” pungkasnya. ( H WAWAN JR)

Diskominfo Pertunjukan Wayang Golek Media Tradisional Jl Veteran Kuningan Pandemi Covid-19


Loading...