Jenderal Doni Munardo Minta Relawan Mahasiswa Jelaskan ''Perang Lawan Covid-19'' Itu Nyata

Jenderal Doni Munardo Minta Relawan Mahasiswa Jelaskan ''Perang Lawan Covid-19'' Itu Nyata
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 20 Oktober 2020 12:29 WIB

Tersjabar.id - Meski sosialisasi penanganan Covid-19 gencar dilakukan, faktanya masih ada 17 persen warga Indonesia yang yakin dirinya tak mungkin terpapar Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Munardo pun sangat prihatin.

Melalui program yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Program Mengajar dari Rumah, dia meminta para relawan mahasiswa ikut menjelaskan kepada masyarakat bahwa perang melawan virus corona adalah nyata, bukan rekayasa.

Pekan lalu, Menteri Nadiem Makarim meluncurkan Program Mengajar dari Rumah, suatu gerakan sukarela (voluntary) yang diikuti mahasiswa seluruh Indonesia untuk meringankan beban orangtua dan guru dengan cara mengajar peserta didik jenjang PAUD/TK, SD/MI, dan SMP/MTs di lingkungan masing-masing.

"Perubahan perilaku sangat penting. September lalu, BPS menemukan 17% warga Indonesia merasa tidak mungkin terpapar COVID-19, ini angka tinggi sekali. Kalau kita tidak sosialisasi perubahan perilaku, makin banyak yang tidak patuh protokol kesehatan, dan bisa makin banyak yang terpapar COVID-19. Ini fatal. Maka, edukasi perubahan perilaku initanggungjawab kita semua,” tutur Doni Monardo, seperti tertulis dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id.

“Kita semua, termasuk kalian mahasiswa relawan, harus menjelaskan pada masyarakat, bahwa COVID-19 nyata, bukan rekayasa, bukan konspirasi."

Dijelaskan Doni Monardo, secara global, korban jiwa sudah 1 juta orang dan yang terpapar 37 juta orang.

Di Indonesia, sudah 360 ribu orang lebih terpapar, dan saudara-saudara kita yang wafat sudah mencapai 12 ribu orang. Ini angka yang besar. Walaupun yang sembuh juga makin banyak. hampir 275 ribu orang,” Doni mengingatkan.

“Selamat berjuang, kalian yang melayani masyarakat ini adalah termasuk pahlawan-pahlawan kemanusiaan,” ujar Doni Monardo.

Doni Monardo selalu menekankan kepada mayarakat untuk mengiktui protokol kesehatan memakai masker,  mencuci tangan, dan menjaga jarak. (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)




Virus Corona Covid 19 Mahasiswa


Loading...