Kiat Memilih Facial Wash Sesuai Jenis Kulit

Kiat Memilih Facial Wash Sesuai Jenis Kulit
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 19 Oktober 2020 10:21 WIB

Terasjabar.id -- 

Walau tidak bepergian dan berdandan, membersihkan wajah jadi aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan. Rutinitas ini termasuk langkah dasar merawat wajah selain menggunakan pelembap dan aplikasi tabir surya.

Anda memerlukan sabun muka alias facial wash untuk menjalankan kegiatan tersebut. Facial wash yang baik seharusnya mampu membersihkan kotoran, keringat, minyak, bakteri, sel kulit mati dan sisa riasan.

"Sangat penting membersihkan wajah dengan cara yang benar juga memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda," kata Jaishree Sharad, ahli dermatologi kosmetik di Mumbai mengutip dari Vogue India.

Berikut rekomendasi facial wash berdasarkan jenis kulit.


1. Kulit kering

Jenis kulit kering tidak jarang memiliki permukaan yang tidak rata bahkan bersisik. Facial wash sebaiknya memiliki kandungan yang melembapkan dan asam lemak dalam bentuk minyak. Sharad menyarankan memilih facial wash dengan bahan petrolatum, lanolin dan, mineral oil.


"Ini akan membersihkan kulit dan meninggalkan lapisan tipis pelembap," imbuh dia.

Kulit kering biasanya cukup sensitif sehingga facial wash baiknya tidak mengandung alergen, bebas pewangi, bahan kimia dan alkohol juga formula bebas busa. Hindari pula bahan-bahan antibakteri dan eksfoliator semisal, salicylic acid dan glycolic acid yang membuat kulit makin kering.

2. Kulit berminyak

Melansir dari laman Martha Stewart, jenis kulit berminyak memproduksi sebum berlebih sehingga kulit hampir selalu tampak basah. Kulit jenis ini perlu sabun muka yang intens dan mengandung eksfoliator seperti salicylic acid atau lactic acid untuk mengangkat minyak berlebih dari pori.

Selain itu bahan aloe vera dan tea tree oil baik juga untuk menyeimbangkan produksi minyak. Namun jangan sampai sabun muka membuat kulit terasa kencang atau seperti ditarik.

"Hindari sabun muka yang mengandung minyak atau alkohol yang hanya akan menambah produksi minyak," kata Sharad.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif rentan mengalami kemerahan, inflamasi dan sensasi mirip terbakar. Kulit sensitif kerap ditemukan pada orang dengan rosacea, eksim dan alergi kulit.

Kulit perlu sabun muka yang lembut tanpa menimbulkan reaksi alergi. Robyn Gmyrek, ahli dermatologi, menyarankan sabun muka yang bertekstur creamy atau tidak banyak busa.

4. Kulit kombinasi

Kondisi kulit ini terbilang unik, karena seperti memadukan dua jenis kulit jadi satu. Ada sebagian area wajah yang berminyak dan area lain kering.

Anda perlu sabun muka yang mampu membersihkan minyak dan kotoran tapi tidak terlalu kasar atau abrasif terhadap area kulit kering. Sharad merekomendasikan sabun muka yang sangat lembut dan diawali dengan penggunaan micellar water.

(els/NMA/CNN)

Wajah Facial Kulit


Loading...