BPOM Maluku Telah Melakukan Uji Sampel Swab Test Sebanyak 4.268 Buah di Laboratorium Biologi Molekuler, Dikerjakan 13 Petugas Terlatih

BPOM Maluku Telah Melakukan Uji Sampel Swab Test Sebanyak 4.268 Buah di Laboratorium Biologi Molekuler, Dikerjakan 13 Petugas Terlatih
Ilustrasi (Dunia Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 09:33 WIB

Terasjabar.id - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku telah melakukan uji sampel swab test sebanyak 4.268 buah di Laboratorium Biologi Molekuler. Terhitung sejak 2 Juli 2020, BPOM Maluku telah melaksanakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menguji spesimen Covid-19.

"Hingga Sabtu (26/9/2020) total rilis hasil uji sampel swab test sebanyak 4.268 buah," kata Kepala BPOM Maluku, Hariani, Minggu (27/9/2020).

Dia menambahkan, penanganan uji sampel di BPOM Ambon dilakukan oleh 13 petugas terlatih. Mereka telah diberikan pelatihan khusus uji virus Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas II Ambon tanggal 9-11 Juni 2020.

FOLLOW JUGA :

Dalam sehari, rata-rata ada delapan petugas yang melakukan pengujian hasil tes usap di Laboratorium Biologi Molekuler. Untuk mendukung tugas tersebut, BPOM Maluku didukung berbagai fasilitas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Di antaranya pengadaan BSC A2 dan PCR cabinet, alat pelindung diri (APD) berupa hazmat (hazardous material) serta kit ekstraksi Ribonucleic Acid (RNA) dan kit uji PCR.

“Berbagai upaya dilakukan guna peningkatan tingkat keamanan hayati atau Biosafety Level (BSL) menjadi BSL-2 dengan fasilitas BSC-Class 2A, untuk penanganan agen patogen seperti virus corona oleh personel uji laboratorium yang terlatih,” katanya.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Hariani mengatakan, hingga saat ini peralatan yang digunakan di laboratorium masih dalam kondisi baik. Hanya saja kendala yang dihadapi di antaranya kekurangan bahan habis pakai seperti reagen ekstraksi, PCR Kit dan bahan lainnya.

"Hal ini dikarenakan memang banyak bahan habis pakai yang kosong di pasaran, tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat petugas untuk bekerja," kata Hariani.

Laboratorium Biologi Molekuler BPOM Ambon sebelumnya merupakan laboratorium pendukung bagi Balai Teknik Kesehatan Langkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona BPOM Maluku Tes PCR Swab Test


Loading...