Pemda di Jalur Pantai Selatan Pulau Jawa Diminta Terus Meningkatkan Kewaspadaan Merespons Potensi Tsunami

Pemda di Jalur Pantai Selatan Pulau Jawa Diminta Terus Meningkatkan Kewaspadaan Merespons Potensi Tsunami
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 08:29 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah daerah (pemda) di jalur Pantai Selatan pulau Jawa diminta terus meningkatkan kewaspadaan merespons potensi tsunami. Langkah awal ini dinilai sebagai mitigasi bencana, intensitas komunikasi dengan warga yang berpotensi terdampak harus segera ditingkatkan. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi inisiatif simulasi penanggulangan bencana tsunami yang dilakukan Pemda dan BPBD Jawa Timur pada 9 kota-kabupaten di wilayah jalur Pantai Selatan Jawa.

"Karena ada prediksi tentang potensi tsunami di pantai selatan Jawa, saya mendorong semua pemerintah daerah bersama warga setempat di wilayah itu untuk terus meningkatkan kewaspadaan,’’ ujar Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Politikus Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet ini mengingatkan, informasi tentang potensi tsunami setinggi 20 meter karena gerak simultan 2 segmen lempeng bumi di zona megathrust selatan Jawa telah menyebar luas.

"Ada 9 kabupaten-kota di jalur pantai selatan yang berpotensi terdampak manakala peristiwa tsunami itu terjadi. Bahkan, sedikitnya 156 desa di wilayah Banyuwangi, Pacitan dan Trenggalek perlu mendapat perhatian khusus karena besarnya potensi ancaman tsunami tersebut," ucapnya.

Menurutnya, meskipun simulasi bencana tsunami telah dilakukan Pemda dan BPBD Jatim, upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat harus berkelanjutan. Tujuannya, kata dia agar warga tidak lengah, semua pemda di jalur Pantai Selatan Jawa secara regular wajib menjalin komunikasi dengan warga. 

"Kerahkan aparatur pemda untuk terus berdialog dengan warga. Dialog yang bertujuan membangunkan kewaspadaan itu menjadi langkah awal mitigasi bencana,’’ katanya.

Disadur dari iNews.id

Potensi Tsunami Musim Hujan Pemda Jalur Pantai Selatan Pulau JAwa


Loading...