INILAH 3 Pemain Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola Pilihan Jose Mourinho, Kok Ronaldo Tak Ada?

INILAH 3 Pemain Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola Pilihan Jose Mourinho, Kok Ronaldo Tak Ada?
Rakyat NTT
Editor: Malda Sport Style —Kamis, 24 September 2020 14:29 WIB

Terasjabar.id - Jose Mourinho telah malang melintang melatih banyak pemain hebat. Pelatih flamboyan ini tercatat pernah menangani pemain sekelas Kaka, Frank Lampard, Didier Drogba, Zlatan Ibrahimovic, hingga sang megabintang Cristiano Ronaldo.

Bersama Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho bahkan menjadi momok di La Liga dengan gelontoran gol di timnya. Di musim 2011/12, Real Madrid bahkan memutus dominasi Barcelona di La Liga dengan catatan gol yang impresif 121 gol.

Cristiano Ronaldo kala itu menjadi andalan Mourinho, dengan mencetak 46 gol dari 121 golnya El Real. Namun, beberapa kali Mourinho tidak terlalu membanggakan mantan anak asuhnya yang telah meraih lima Ballon d’Or tersebut.

Dulu pelatih berjuluk The Special One ini bahkan pernah mengatakan bahwa pesepak bola terbaik di dunia adalah Ronaldo, Ronaldo-nya Brasil. Namun, bukan Jose Mourinho namanya kalau tidak mengatakan hal semau dia saja.

Kini Jose Mourinho malah menghilangkan nama Ronaldo Luis dan tetap tidak menyebut Cristiano Ronaldo sebagai yang terbaik.

Ketika melakukan wawancara dengan SportBible, Mourinho menyebutkan tiga pemain terbaik versinya tanpa menyinggung dua Ronaldo tersebut.

Siapa saja ketiga nama terbaik versi Jose Mourinho?

1. Lionel Messi

Alih-alih menyebut Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho malah memilih pemain Barcelona yang notabenenya adalah rival Real Madrid, klub yang dilatihnya dulu. Namun, tampaknya Jose Mourinho tidak salah memilih Lionel Messi sebagai pemain terbaik versinya.

Lionel Messi merupakan pemain dengan raihan Ballon d’Or terbanyak, yaitu enam kali, unggul satu dari Cristiano Ronaldo. La Pulga pun memiliki rekor-rekor mentereng yang sulit dipecahkan, seperti 91 golnya dalam satu tahun, pemegang gol terbanyak di La Liga dengan 444 gol, hingga asisnya yang kini mencapai 189.

Sepanjang kariernya Lionel Messi telah mencatatkan 731 penampilan dengan torehan 634 gol serta 268 asis. Jumlah kontribusi yang begitu menonjol dan sulit untuk diraih pemain lain.

2. Pele

Nama kedua yang disebut Jose Mourinho adalah legenda Brasil, Pele. Mantan pesepak bola tersebut memang menjadi sosok yang banyak diidolai pesepak bola modern. Hingga saat ini, nama Pele masih sering terdengar dan dicap sebagai yang terbaik di dunia.

Legenda Negeri Samba tersebut diketahui mencetak 1.282 gol dengan total permainan sebanyak 1.363 di level klub dan tim nasional. Ia merupakan pemain kunci Brasil meraih banyak trofi Piala Dunia.

Di usia 17 tahun, Pele bahkan telah menjuarai Piala Dunia dan mencetak dua gol di final pada tahun 1958. Diikuti juara Piala Dunia lainnya pada tahun 1962 dan 1970, dengan raihan tersebut wajar jika Pele disebut sebagai rajanya Piala Dunia.

3. Diego Maradona

Diego Maradona menjadi satu nama yang juga disebut Jose Mourinho sebagai yang terbaik. Hal yang wajar karena sebelum adanya Lionel Messi, Argentina telah memiliki idolanya dalam sosok Maradona. Baik tua maupun muda pasti masih sering mendengar gol melegendanya yang disebut-sebut sebagai "gol tangan Tuhan".

Diego Maradona juga tampaknya memiliki kemiripan dengan sosok Jose Mourinho, yang tidak pernah lepas dari kontroversi. Namun, di samping itu dia juga merupakan pahlawan untuk Timnas Argentina dengan gol solo run-nya yang menghasilkan trofi Piala Dunia 1986.

Diego Maradona juga dikenang sebagai salah satu yang terbaik di Napoli, tim yang dibawanya juara di musim 1986/87 dan 1989/1990. Tercatat Maradona sepanjang karirnya di level klub mencetak 150 gol dari 328 penampilan. (bola.net)

(Tribunjabar.id)


Pemain Terbaik Jose Mourinho Ronaldo Messi


Loading...