Pandemi Virus Corona, Arab Saudi Izinkan Umrah Bertahap, 'Kebijakan Tersebut Memberi Angin Segar Bagi PPIU'

Pandemi Virus Corona, Arab Saudi Izinkan Umrah Bertahap, 'Kebijakan Tersebut Memberi Angin Segar Bagi PPIU'
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 24 September 2020 12:39 WIB

Terasjabar.id - Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) di Kota Palembang, Sumatera Selatan menyambut baik rencana Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelayanan ibadah umrah. Rencananya, ibadah umrah akan dibuka secara bertahap setelah tutup sekitar tujuh bulan karena pandemi Covid-19.

"Adanya informasi yang beredar terkait kebijakan Kerajaan Arab Saudi tersebut memberi angin segar bagi PPIU untuk menggerakkan kembali kegiatan bisnis yang cukup lama terhenti," kata Pimpinan Travel Umrah/PPIU Zamzam Indah Abadi Palembang, Irwansyah, Kamis (24/9/2020).

Irwansyah menambahkan, selain bisa mulai menawarkan pelayanan ibadah umrah, pihaknya juga berupaya melakukan persiapan jadwal ulang calon jemaah umrah yang batal berangkat pada Maret 2020 dan beberapa bulan berikutnya.

"Kebijakan tersebut diharapkan bisa segera direalisasikan Pemerintah Arab Saudi sehingga bisa dilakukan persiapan penjadwalan ulang keberangkatan jamaah umrah," katanya.

Penundaan keberangkatan dan penjadwalan ulang, kata dia, menimbulkan konsekuensi penambahan harga tiket bagi travel umrah yang telah memesan tiket penerbangan mulai dari kota asal jamaah hingga ke Jeddah atau Madinah, Arab Saudi.

"Selain itu juga harus menambah biaya operasional atas pembatalan penyewaan kamar hotel, bus, penyedia makanan, dan petugas pendamping jamaah selama berada di Kota Madinah dan Mekkah," kata Irwansyah.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar mengatakan masih menunggu pengumuman dari Kerajaan Arab Saudi perihal daftar negara yang mendapat izin untuk memberangkatkan jamaah umrah.

"Saudi dalam pengumumannya menyebut akan merilis daftar negara mana saja yang akan mendapatkan izin memberangkatkan jamaah umrah. Jadi kami masih menunggu rilis dari Kemenkes Saudi. Kami berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan jemaah umrah," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Arab Saudi PPIU Kota Palembang


Loading...