Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Masih Mengkhawatirkan, Tempat Tidur dan ICU Pasien Covid-19 di RS Seluruh Jakarta Hampir Penuh

Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Masih Mengkhawatirkan, Tempat Tidur dan ICU Pasien Covid-19 di RS Seluruh Jakarta Hampir Penuh
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 23 September 2020 10:24 WIB

Terasjabar.id - Lonjakan kasus positif Covid-19 di Jakarta masih mengkhawatirkan. Fasilitas tempat tidur rumah sakit (RS) semakin menyusut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, dari 4.508 tempat tidur di 67 Rumah Sakit rujukan yang sudah disediakan saat ini masih tersisa sekitar 27 persen saja.

"Persentase keterpakaiannya sebesar 83 persen," kata Dwi kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

Selain itu, kata Dwi, krisis fasilitas kesehatan ini juga terjadi di ruang Intensive Care Unit (ICU) di seluruh Rumah Sakit rujukan. Fasilitas tempat tidur ruang ICU mengalami penyusutan seiring melonjaknya kasus.

Sejauh ini tempat tidur di ruang ICU hanya tersisa 21 persen saja dari total 658 tempat tidur di 67 RS.

"Persentase keterpakaiannya sebesar 79 persen," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah memprediksi terjadinya penyusutan fasilitas rumah sakit. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik rem darurat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dan memperketat PSBB sejak 14 September lalu.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona RS Jakarta


Loading...