Pemilu AS 2020: Biden Tolak Klaim Trump bahwa Vaksin Covid-19 Segera Tersedia

Pemilu AS 2020: Biden Tolak Klaim Trump bahwa Vaksin Covid-19 Segera Tersedia
Tribunnews.com
Editor: Malda Hot News —Jumat, 18 September 2020 14:03 WIB

Terasjabar.id - Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden secara blak-blakan membantah klaim Presiden Donald Trump bahwa vaksin Covid-19 akan segera tersedia dalam beberapa minggu.

Joe Biden memperingatkan warga Amerika Serikat agar tidak mempercayai kata-kata Donald Trump.

"Gagasan bahwa akan ada vaksin dan semunya akan baik-baik saja besok, itu tidak rasional," kata Biden di CNN town hall in Moosic, Pennsylvania, Kamis (17/9/2020).

Mengutip Reuters, Rabu kemarin Trump kembali mengatakan, vaksin untuk Covid-19 dapat siap didistribusikan menjelang pemilihan 3 November 2020 mendatang.

YUMA, AZ - 18 AGUSTUS: Presiden AS Donald Trump berbicara dalam rapat umum kampanye di The Defense Contractor Complex pada 18 Agustus 2020 di Yuma, Arizona. Trump mengecam calon calon dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden karena bersikap lunak terhadap imigrasi ilegal ketika Demokrat mengadakan konvensi mereka minggu ini dari jarak jauh dari Milwaukee. Ratusan orang mengantre dalam suhu 104 derajat untuk melihat presiden, banyak yang tanpa topeng atau menjaga jarak dari yang lain, menurut laporan yang diterbitkan. Ukuran kerumunan di dalam hanggar terbatas untuk mengangguk pada pandemi yang sedang berlangsung yang telah melanda Kabupaten Yuma dengan sangat keras. Sandy Huffaker / Getty Images / AFP
YUMA, AZ - 18 AGUSTUS: Presiden AS Donald Trump berbicara dalam rapat umum kampanye di The Defense Contractor Complex pada 18 Agustus 2020 di Yuma, Arizona. Trump mengecam calon calon dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden karena bersikap lunak terhadap imigrasi ilegal ketika Demokrat mengadakan konvensi mereka minggu ini dari jarak jauh dari Milwaukee. Ratusan orang mengantre dalam suhu 104 derajat untuk melihat presiden, banyak yang tanpa topeng atau menjaga jarak dari yang lain, menurut laporan yang diterbitkan. Ukuran kerumunan di dalam hanggar terbatas untuk mengangguk pada pandemi yang sedang berlangsung yang telah melanda Kabupaten Yuma dengan sangat keras. Sandy Huffaker / Getty Images / AFP (Sandy Huffaker / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP)

Sebagian besar ahli kesehatan, termasuk Robert Redfield, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, vaksin kemungkinan tidak akan tersedia secara luas hingga pertengahan 2021.

Karena komentar Biden, Trump menuduh Biden menyebarkan "retorika anti-vaksin".

Sementara Biden menegaskan, untuk keamanan vaksin, dia akan mendengarkan para ilmuwan, bukan presiden.

Siaran di CNN town hall in Moosic merupakan kali pertama sejak Biden menerima nominasi Partai Demokrat bulan lalu.

Acara tersebut memberi pemirsa kesempatan langka untuk melihat Biden menjawab pertanyaan langsung dari orang-orang yang mendukungnya.

Dalam acara itu, para peserta yang menyaksikan siaran, tetap berada di mobil yang diparkir di luar ruangan untuk memastikan mereka berada dalam jarak aman satu sama lain.

Screeshot video yang dibuat pada 18 Agustus 2020 dari siaran online Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang diadakan secara virtual di tengah pandemi virus corona, menunjukkan reaksi kandidat presiden dari Partai Demokrat AS Joe Biden setelah secara resmi dinominasikan sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat di hari kedua konvensi.
Screeshot video yang dibuat pada 18 Agustus 2020 dari siaran online Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang diadakan secara virtual di tengah pandemi virus corona, menunjukkan reaksi kandidat presiden dari Partai Demokrat AS Joe Biden setelah secara resmi dinominasikan sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat di hari kedua konvensi. (DEMOCRATIC NATIONAL CONVENTION / AFP)

Biden menghabiskan sebagian besar malamnya menyerang Trump karena penanganannya terhadap pandemi.

Termasuk pengakuan presiden sendiri kepada jurnalis Bob Woodward bahwa dia dengan sengaja meremehkan kematian penyakit itu.

“Dia tahu itu dan tidak melakukan apa-apa,” kata Biden.

"Ini dekat dengan (tindakan) kriminal," ungkap Biden.

Namun, Trump kemudian mengatakan dia berusaha menghindari kepanikan.

Biden mengatakan, dia tidak memiliki kekuatan untuk menegakkan mandat mengenai penggunaan masker secara nasional.

Dia kemudian menepis pernyataan dibuat pada Rabu, di mana Biden menyarankan presiden secara hukum dapat meminta masker di tengah keadaan darurat nasional.

Tetapi, Biden berjanji untuk mendorong setiap gubernur untuk melakukannya sambil mengkritik Trump karena mempertanyakan kemanjuran masker.

Menuju Pemilihan 3 November 2020

Dalam beberapa pekan terakhir, Biden telah mulai mengadakan acara kampanye lagi di negara bagian lain.

Trump, yang telah kembali mengadakan demonstrasi skala besar, berpartisipasi dalam town hall ABC dengan pemilih yang ragu-ragu awal pekan ini, di mana dia membela tanggapan pemerintahannya terhadap wabah itu.

Pada rapat umum luar ruangan di Mosinee, Wisconsin, pada Kamis malam, Trump mengatakan kepada para pendukung bahwa Biden "akan benar-benar memberantas ekonomi negara bagian Anda" dan mengejek acara CNN karena memisahkan para peserta di dalam mobil.

Biden dan Trump keduanya akan melakukan perjalanan ke Minnesota pada hari Jumat mendatang.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani/Tribunnews.com)



Presiden Amerika Serikat Joe Biden Donald Trump


Loading...