Wali Kota Solo Dianugerahi Penghargaan Manggala Karya Kencana 2020

Wali Kota Solo Dianugerahi Penghargaan Manggala Karya Kencana 2020
(Merdeka.com/arie sunaryo : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 18 September 2020 13:15 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana 2020. Penghargaan tersebut diberikan berkat dedikasi dan komitmen kepala daerah dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana. Atau lebih dikenal dengan program Bangga Kencana.

Penghargaan disematkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, di Pendapi Gedhe, Kompleks Balai Kota Solo, Jumat (18/9).

Capaian tersebut di antaranya, banyaknya Kampung KB di Kota Solo, capaian KB yang sudah 66,21 persen dan angka Fertility Rate 1,8 persen. Padahal pemerintah pusat baru menargetkan 2,1 pada 2021 mendatang.

Wali kota sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan BKKBN Pusat. Ia berharap penghargaan tersebut mampu mendorong Keluarga Berencana (KB) di Kota Solo agar tetap dapat berjalan dan masyarakat semakin menyadari sangat pentingnya KB dalam membangun keluarga, daerah dan bangsa.

"Supaya angka kepadatan penduduk di Solo bisa dikendalikan, masyarakat semakin sadar, bahwa dua anak lebih sehat dan lebih baik. Juga tentunya agar terbentuk keluarga yang berkualitas dan sejahtera," katanya.

Rudy menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap berkomitmen untuk menerapkan slogan yang dikenal dengan 'nguwongke uwong' atau menghargai sesama manusia, yang dikemas dalam 3W. Yakni waras (sehat), wasis (pinter) dan wareg (kenyang) dalam membangun KB.

"Terimakasih kepada segenap pihak, sehingga Pemkot Solo dapat melakukan pembangunan keluarga dengan prestasi yang membanggakan. Ini menjadi penyemangat supaya angka kepadatan penduduk di Surakarta tetap bisa dikontrol," ujar Rudy.

Sementara, Hastho Wardoyo mengatakan, penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah kota / kabupaten.

"Kami atas nama BKKBN menganugerahkan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana. Merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukan komitmen. Termasuk dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana," katanya.

Mantan Bupati Kulonprogo itu menambahkan, terdapat sejumlah indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Salah satunya total fertility rate (TFR) yang mencapai 1,8 .

"Ini yang saya katakan sangat bagus. Bahkan mengalahkan target Pusat, yang 2,1 persen. Tinggal mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. Jangan sampai putus, mulai dari genre," katanya lagi.

Sebagai catatan, FX Hadi Rudyatmo merupakan satu di antara 4 kepala daerah di Jawa Tengah yang memperoleh tanda penghargaan tersebut. Tiga lainnya yakni Bupati Kalten Sri Mulyani, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Disadur dari Merdeka.com 

Wali Kota Solo Penghargaan Manggala Karya Kencana 2020 Program Bangga Kencana


Loading...