Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Pendonor Berkurang Drastis, Stok Darah di PMI Kota Medan Menipis

Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Pendonor Berkurang Drastis, Stok Darah di PMI Kota Medan Menipis
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 September 2020 11:32 WIB

Terasjabar.id - Pandemi Covid-19 membuat jumlah pendonor berkurang drastis. Akibatya, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menipis atau hanya tinggal sekitar 4.000 kantong.

Ketua PMI Medan Musa Rajekshah mengatakan, stok darah tersebut saat ini hanya mampu memenuhi kebutuhan di ibu kota Provinsi Sumut ini saja. Untuk sementara PMI Medan tidak bisa membantu daerah lain karena stok tidak mencukupi.

"Ketersediaan darah yang hanya 4.000 kantong itu hanya mencukupi untuk melayani kebutuhan di PMI Kota Medan saja," ujar Ijeck, panggilan akrab Musa Rajekshah yang juga Wakil Gubernur Sumut di Medan, Kamis (17/9/2020).

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat warga khawatir ke luar rumah atau membuat kegiatan, termasuk untuk mendonorkan darah.Sejak pandemi Covid-19, PMI Kota Medan hanya mendapat sekitar 4.000 kantong darah dari sebelumnya yang bisa di kisaran 6.000 kantong.

Padahal, biasanya PMI Kota Medan bisa membantu kebutuhan di kabupaten/kota lainnya di Sumut. Namun, kondisi saat ini tidak memungkinkan bagi pihaknya untuk membantu penyediaan stok darah di luar Kota Medan.

PMI Kota Medan memaksimalkan aksi jemput bola supaya ini tidak menjadi masalah. PMI gencar sosialisasi kepada masyarakat, perusahaan, organisasi, instansi pemerintah atau swasta, jajaran TNI/Polri dan juga rumah ibadah.

"PMI masih juga melakukan kegiatan penggalangan donor darah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.

PMI Medan juga terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para relawan. PMI berharap, momentum peringatan Hari PMI hari ini, 17 September, akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya untuk membantu orang. Aktivitas ini juga akan meningkatkan kesehatan pendonor.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Covid-19 PMI Kota Medan Stok Darah


Loading...