Kemnaker Sudah Menerima Data Penerima BLT Subsidi Gaji Dibawah Rp5 Juta, Sudah Disalurkan ke 3,69 Juta Pekerja

Kemnaker Sudah Menerima Data Penerima BLT Subsidi Gaji Dibawah Rp5 Juta, Sudah Disalurkan ke 3,69 Juta Pekerja
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 9 September 2020 10:56 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah menerima data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji di bawah Rp5 juta sebanyak 5,5 juta pekerja. Dari total itu, baru 3,69 juta yang menerima subsidi gaji di rekeningnya masing-masing. 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, berdasarkan data Kemnaker dan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan hingga 7 September 2020, tahap I yang telah disalurkan kepada penerima sebanyak 2,31 juta atau 92,45 persen dari total calon penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang. 

"Sedangkan tahap II, jumlah BSU yang sudah tersalurkan sebanyak 1.386.059 atau 46,20 persen dari total calon penerima tahap II sebanyak 3 juta orang," kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (9/9/2020). 

Dia menjelaskan, mekanisme penyaluran BLT, yakni data yang telah diserahterimakan akan dilakukan checklist oleh Kemnaker terlebih dahulu. Setelah dilakukan check list, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). 

“Kemudian KPPN menyalurkan uang subsidi gaji/upah tahap III tersebut kepada Bank Penyalur, yakni bank yang masuk menjadi anggota Himbara (Himpunan Bank Milik Negara),” kata Ida.

Setelah itu, lanjut dia, Himbara menyalurkan uang BSU ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening sesama bank, maupun rekening bank swasta.

Disadur dari iNews.id

Kemnaker BLT Subsidi Gaji Pandemi Virus Corona


Loading...