Desa Longkewang Ciniru Miliki Potensi Wisata Alam

Desa Longkewang Ciniru Miliki Potensi Wisata Alam
Bupati H Acep Purnama saat Meninjau desa Desa Longkewang Kecamatan Ciniru KuninganSenin (7/09/2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 8 September 2020 09:36 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Mengunjungi Desa Longkewang Kecamatan Ciniru Kuningan memiliki daya tarik tersendiri, didukung potensi alam yang masih lestari untuk ditata dan dikembangkan menjadi daerah wisata pedesaan. Dalam upaya mendukung Kuningan sebagai Kabupaten Pariwisata, Kepala desa, pamong desa dan tokoh masyarakat memiliki semangat yang besar, untuk memajukan Wisata maupun ciri khas unggulan desa setempat.

Akses jalan menuju desa Longkewang tidak begitu sulit, jarak tempuh dari kota Kuningan sekitar 17 KM. Route dari Kuningan menuju perempatan desa Purwasari Kec Garawangi kearah selatan. Jalan desa di kawasan Kec Ciniru, umumnya sudah di 'hot mix' dengan kondisi jalan sebagian 'tanjakan' dan sebagian turunan. Bagi pelancong yang penasaran mau berkunjung ke Desa Longkewang, hendaknya ekstra hati-hati diwilayah ini, karena banyak tikungan tajam.

Menurut hasil kajian bersama, potensi desa yang bisa dikembangkan yaitu, Curug Muncang di Blok Seureuh Beureum, Gunung Seta dan Gunung Aseupan, Lahan di Blok Jelegong, dan Bukit Kopeng. Seorang warga Ciniru Andi G menuturkan bahwa, di wilayah Kecamatan Ciniru dan Hantara memiliki potensi wisata alam terpendam, yang belum tergali dan menunggu pihak investor untuk dikembangkan, ungkapnya.

Curug Muncang di Blok Seureuh Beureum merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi tempat wisata alam. Selain itu, mulai dari jalan masuk menuju Curug menyuguhkan panorama yang indah dan udara yang sejuk sehingga dapat menarik perhatian wisatawan. Di sekitar jalan menuju Curug, jika dikelola dengan baik dapat ditanami tanaman seperti Mangga, Durian, Markisa, Pala dan lainnya sehingga menjadi hijau dan teduh. Potensi lain yang menjadi unggulan adalah Lokasi di Blok Jelegong. Dataran yang luas diapit oleh Gunung Sela dan Gunung Mayana sangat potensial untuk dijadikan lahan Bumi Perkemahan. Sementara untuk Bukit Kopeng bisa dijadikan area paralayang dan kebun buah.

Bupati H Acep Purnama saat Meninjau desa ini Senin (7/09/2020) menjanjikan, dalam waktu dekat ini akan ada kebijakan untuk lebih mempermudah akses jalan ke lokasi, yaitu dengan pelebaran jalan. Jalan yang akan dibangun ini merupakan jalan usaha tani yang akan membantu masyarakat untuk bertani, bercocok tanam dan berkebun sehingga Desa Longkewang dapat menjadi desa pinunjul yang memiliki beberapa komoditi termasuk diantaranya Durian dan Alpukat. Hal ini sesuai visi Kuningan. "Makmur, Agamis, Pinunjul berbasis desa Tahun 2023, ujar Acep optimis. (H WAWAN JR)

Desa Longkewang Potensi Wisata Alam Kuningan


Loading...