Uang Baru Rp 75.000 Memicu Polemik di sebagian Masyarakat, Jubir Presiden Ungkap Sosok Anak Suku Tidung

Uang Baru Rp 75.000 Memicu Polemik di sebagian Masyarakat, Jubir Presiden Ungkap Sosok Anak Suku Tidung
(Bisnis Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 19 Agustus 2020 09:20 WIB

Terasjabar.id - Wajah salah satu anak kecil di sisi belakang Uang Peringatan Rp75.000 memicu polemik di sebagian masyarakat. Anak kecil berwajah seperti oriental itu disebut-sebut mengenakan pakaian adat China.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman bercerita soal sosok anak kecil tersebut. Namanya Muhammad Izzam Athanya, siswa Sekolah Dasar (SD) 041 Tarakan, Kalimantan Utara.

"Sekecil itu, wajahnya sudah terpampang di lembaran mata uang Republik Indonesia -- uang baru Rp75.000," tulis Fadjroel lewat akun Instagram @fadjroelrachman, Rabu (19/8/2020).

Fadjroel menuturkan cerita dari mantan wartawan, Tommy Lebang di mana Izzam saat itu didatangi tim dari Jakarta sekitar satu tahun yang lalu. Kedatangan tim tersebut untuk memotret Izzam.

"Ia difoto mengenakan baju adat suku Tidung, Kaltara, nama suku keluarga besarnya," kata Fadrjoel.

Kehadiran wajah Izzam, kata Fadjroel, pasti akan menjadi kenangan tersendiri bagi bocah itu. Wajahnya kini terpampang pada lembaran kertas berharga yang beredar dari tangan ke tangan, tersimpan di brangkas, hingga terjulur keluar dari mesin-mesin ATM di seantero negeri sampai Izzam dewasa.

"Untuk Izzam, selamat ya," ujar Fadjroel.

Postingan tersebut diunggah Fadjroel sekitar 2 jam yang lalu. Hingga berita ini ditulis, postingan tersebut disukai lebih dari 2.000 pengguna Instagram.

Disadur dari iNews.id

Uang Baru 75 Ribu Anak Suku Tidung


Loading...