Advertisement

Masih Perlu Kajian, Gubernur Sulsel Meminta Rencana Belajar Tatap Muka di Kabupaten Bulukumba Ditunda Sementara

Masih Perlu Kajian, Gubernur Sulsel Meminta Rencana Belajar Tatap Muka di Kabupaten Bulukumba Ditunda Sementara
(iNews/Yoel Yusvin : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 5 Agustus 2020 10:21 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, meminta rencana belajar tatap muka di Kabupaten Bulukumba, ditunda sementara waktu. Sebab masih perlu kajian lebih dulu mempertimbangkan sisi epidemiologisnya.

Menurut Nurdin, arahan ini juga berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di Sulsel. Sebab kasus Covid-19 di sejumlah daerah masih cenderung turun naik, dan harus diwaspadai.

"Memang melandai. Secara umum Rt (reproduksi efektif) kita sudah 0,92, berarti sudah di bawah satu. Tapi kita tidak boleh anggap enteng," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (5/4/2020).

Pertimbangannya, sekolah tatap muka berpotensi memunculkan kerumunan di sekolah. Aktivitas ini bisa memicu penyebaran virus lebih meluas jika tak ada protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, pemetaan wilayah kerawanan Covid-19 di Sulsel menjadi pertimbangan lainnya. Bila ada daerah yang masuk zona hijau, kata dia, belum tentu bisa langsung menerapkan sekolah tatap muka di dalam kelas.

"Makanya tunggu dulu hasil kajian tim epidemiologi kita. Mana daerah-daerah yang kira-kira sudah bisa melakukan tatap muka, tapi terbatas. Begitu juga waktunya tidak bisa sekaligus," ujar dia.

Menurut dia, pemerintah kabupaten/kota harus dapat menjamin kesiapan sistem dan infrastruktur pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah. Misal dengan ketersediaan fasilitas untuk cuci tangan, jaga jarak, dan disiplin masker.

Disadur dari iNews.id

Gubernur Sulsel Pandemi Virus Corona Belajar Tatap Muka


Related Post



Loading...