Basarnas Ternate Maluku Utara Berhasil Mengevakuasi Dua Nelayan Asal Kecamatan Ternate Selatan Dalam Kondisi Selamat

Basarnas Ternate Maluku Utara Berhasil Mengevakuasi Dua Nelayan Asal Kecamatan Ternate Selatan Dalam Kondisi Selamat
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 3 Agustus 2020 12:53 WIB

Terasjabar.id  Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil mengevakuasi dua nelayan asal Desa Fitu, Kecamatan Ternte Selatan, Senin (3/8/2020) dalam kondisi selamat. Sebelumnya, kapal korban dihantam gelombang tinggi di Perairan Mareku, Pulau Tidore Kepulauan.

Kedua nelayan tersebut yakni Ilham Hamid (37 tahun) dan Didi Malik (36 tahun). Keduanya memancing di rompong Fitu 04, sekitar Perairan Desa Mareku, Tidore Kepulauan.

Pada hari Senin (3/8/2020) sekitar pukul 02.00 WIT, komunikasi dengan keluarga terputus. Kabar terakhir, korban mengatakan perahu mereka dihantam ombak besar.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, keluarga korban melapor jika saudaranya yang sedang melaut tenggelam di Perairan Desa Mareku, Tidore Kepulauan. Usai menerima laporan, tim Rescue Basarnas Ternate bergerak menuju lokasi Last Know Position (LKP) untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi pukul 08.30 WIT.

“Pukul 08.55 WIT, tim Rescue Basarnas Ternate tiba di LKP dan melakukan pencarian. Korban ditemukan di atas rompong dalam keadaan selamat pada koordinat 0.63 Nm arah Timur Laut dari LKP Duga,” katanya, Senin (3/8/2020).

Sementara longboat korban tenggelam terikat di tali romping. Selanjutnya tim rescue melaksanakan evakuasi terhadap korban ke RIB 02 Ternate untuk dibawa ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Korban kemudian dibawa ke rumah keluarga di Kelurahan Fitu Ternate untuk diserahkan. “Pukul 09.30 WIT, dengan telah ditemukan korban dalam keadaan selamat dan diserahkan ke pihak keluarga, selanjutnya operasi SAR dinyatakan selesai,” katanya.

Disadur dari iNews,id

Basarnas Ternate Maluku Utara Nelayan Kecamatan Ternate Selatan


Loading...