PT Garuda Indonesia menindak Tegas Oknum Pilot yang Terbukti Penyalahgunaan Narkoba, Pecat 2 Pilot Positif Gunakan Narkoba

PT Garuda Indonesia menindak Tegas Oknum Pilot yang Terbukti Penyalahgunaan Narkoba, Pecat 2 Pilot Positif Gunakan Narkoba
(Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 19 Juli 2020 09:19 WIB

Terasjabar.id - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama anak usahanya, Citilink Indonesia melaporkan telah menindak tegas oknum pilot yang terbukti penyalahgunakan narkoba. Adapun sanksi yang diberikan berupa pemutusan hubungan kerja (PHK).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, berdasarkan hasil penelusuran dan koordinasi manajemen Garuda Indonesia pihak kepolisian, kedua pilot berinisial  DC dan DSK positif mengonsumsi narkoba. Karena itu, perusahaan menerapkan sanksi PHK terhadap kedua oknum pilot tersebut. 

"Penerapan sanksi PHK merupakan bentuk komitmen tegas perusahaan, dengan tidak memberikan toleransi terhadap karyawannya yang penyalahgunakan narkotika," ujar Irfan melalui siaran persnya, Sabtu (18/7/2020). 

Sebagai wujud komitmen maskapai penerbangan dalam memberantas narkoba, lanjut Irfan, Garuda Indonesia telah melaksanakan Drug and Alcohol Management Program (DAMP) melalui random check tes rapid urine Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (Napza) terhadap lebih dari 122 awak pesawat dan petugas operasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Adapun hasil random check menunjukkan seluruh awak pesawat dan petugas operasional Garuda Indonesia yang menjalani pemeriksaan test urine dinyatakan negatif dari Napza.

Irfan menuturkan pihaknya akan pemeriksaan narkoba kepada seluruh karyawannya sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja secara berkala. langkah itu, untuk menjamin aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. 

Diketahui, Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan sebelumnya menangkap tiga pilot yang mengonsumsi sabu-sabu di Cipondoh, Tangerang. Pilot yang tertangkap karena kasus narkoba itu berasal dari maskapai penerbangan pelat merah dan swasta. 

Ketiga pilot pengguna sabu itu adalah IP, DC dan DSK. Selain tiga pilot, polisi menangkap satu pemasok narkoba, yakni, S. Dua pilot dengan inisial DC dan DSK dilaporkan merupakan pilot dari maskapai Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia—anak usaha Garuda.

Disadur dari iNews.id

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Citilink Indonesia Oknum Pilotm Narkoba


Loading...