Viral Siswa Lakukan Upacara Online di Rumah Masing-masing, Pihak Sekolah Sebut untuk Latih Ini

Viral Siswa Lakukan Upacara Online di Rumah Masing-masing, Pihak Sekolah Sebut untuk Latih Ini
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Jumat, 17 Juli 2020 14:18 WIB

Terasjabar.id - Sebuah unggahan video viral di media sosial Twitter, Kamis (16/7/2020) lalu.

Dalam video tersebut terlihat seorang siswa yang mengenakan seragam biru-putih lengkap dengan topi dan sepatu sedang berdiri di sebuah ruangan. Rupanya, siswa berseragam SMP tersebut sedang melakukan upacara online.

Pelajar tersebut berdiri layaknya peserta upacaara di depan laptop.

Video ini dibagikan oleh akun @mukuwn.

Dilansir dari Kompas.com, tampak pelajar itu berdiri sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sementara tampilan di depan layar laptopnya menyajikan hal yang sama, yakni sejumlah siswa-siswi berdiri seperti layaknya upacara diiringi dengan lagu Indonesia Raya.

"Anjir beneran dong upacara online," tulis akun @mukuwn.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 11.000 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 31.100 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua Pelaksana PPDB Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 15 Bandung, Marliana Cik Aman membenarkan adanya hal tersebut.

Dia menjelaskan upacara virtual itu merupakan upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan pada Senin (13/7/2020) lalu.

"Itu bener, jadi acaranya itu di sekolah, cuman perwakilan satu siswa dan satu siswi, siswa-siswi lain di rumah. Yang lagi berdiri itu (upacara, Red) di rumah," ujarnya, Kamis (16/7/2020).

Selama sekitar 20 menit, imbuhnya para siswa harus berdiri mengikuti upacara bendera secara virtual meski mereka berada di rumahnya masing-masing.

Marliana mengatakan peserta yang mengikuti MPLS total ada 385 orang. Mereka wajib memakai seragam, sepatu, dan atribut lengkap sesuai dengan tata tertib yang diberlakukan.

Sementara itu, para siswa menggunakan aplikasi Zoom yang berbayar, sehingga lebih dari 300 siswa tersebut bisa mengikuti upacara virtual sekaligus.

Marliana menjelaskan, para siswa perlu mengikuti upacara virtual layaknya upacara asli untuk melatih kedisiplinan mereka.

"Karena gini, biasanya MPLS itu penggodokan anak-anak tentang sekolah, tata tertib, siswa harus tepat waktu. Tapi membentuk anak-anak tertib sekarang kan susah karena situasi seperti ini (pandemi), jadi kita usahakan supaya anak-anak itu ruhnya masih dapet meskipun di rumah," kata dia.

Marliana melanjutkan, para siswa juga dilatih disiplin dengan bersiap sejak pagi. Meski MPLS virtual, tapi mereka tetap masuk pukul 06.45 WIB.

Dia mengatakan ada presensi tiap hari selama MPLS, jadi harus bersiap sejak pagi.

Adapun acara yang diikuti para siswa selama upacara virtual mirip seperti upacara pembukaan MPLS pada umumnya, yakni terdiri dari sambutan-sambutan, mulai dari kepala sekolah, ketua panitia, waka kesiswaan dan sebagainya.

"Selain itu ada pembacaan ikrar anti kekerasan, penyematan tanda peserta, dan sebagainya tapi para siswa menontonnya dari layar," jelas dia.

Marliana menambahkan, MPLS berlangsung selama empat hari sejak Senin (13/7). Untuk MPLS di SMAN 15 Bandung, pihaknya menggunakan Zoom dan WhatsApp.

"Untuk materi umum setiap harinya disampaikan lewat Zoom. Sedangkan materi khusus tiap kelas disampaikan melalui grup WhatsApp," kata dia.

"Karena belum boleh datang ke sekolah, kita usahakan untuk saat ini yang terbaik seperti itu," lanjutnya.



Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Viral Siswa Lakukan Upacara Online di Rumah Masing-masing, Pihak Sekolah Sebut untuk Latih Ini, https://jabar.tribunnews.com/2020/07/17/viral-siswa-lakukan-upacara-online-di-rumah-masing-masing-pihak-sekolah-sebut-untuk-latih-ini?page=all.

Editor: Seli Andina Miranti

Viral Video Upacara Medsos


Loading...