Sebanyak 1.271 Rumah Tak Layak Huni di OKI Sumsel Akan Segera Diperbaiki, Akan Masuk Kedalam Program ini

Sebanyak 1.271 Rumah Tak Layak Huni di OKI Sumsel Akan Segera Diperbaiki, Akan Masuk Kedalam Program ini
Ilustrasi (Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 12:47 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 1.271 rumah tak layak huni di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan akan segera diperbaiki. Rumah itu nantinya akan masuk ke dalam program bedah rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2020.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKI, Asmar Wijaya mengatakan, program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk meningkatan kualitas hunian masyarakat.

“Melalui program ini tentu pemerintah berharap untuk meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," katan Asmar, Kamis (2/7/2020).

Asmar menambahkan, bedah rumah memperhatikan beberapa aspek seperti kualitas yang mencakup keselamatan bangunan dan kesehatan penghuninya.

"Kemudian standar kecukupan cahaya dan sirkulasi udara serta adanya mandi cuci kakus (MCK)" katanya.

Asmar mengatakan program pugar rumah layak huni merupakan kolaborasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Asmar melanjutkan, Pemkab OKI akan menyasar sebanyak 200 rumah, 167 rumah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 904 rumah merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pemerintah pusat.

“Kami lakukan validasi di lapangan untuk memastikan apakah rumah tersebut memenuhi kriteria untuk dipugar atau tidak,” kata Asmar.

Ada beberapa syarat untuk menerima program bedah rumah yakni kondisi rumah memang tidak layak huni, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tidak memiliki pekerjaan, tanah dan rumah atas nama sendiri.

Disadur dari iNews,id

Rumah Tak Layak Huni Kabupaten OKI Sumatera Selatan Program Bedah Rumah


Loading...