Sempat Vakum Bertahun - Tahun, Wali Kota Makassar Berencana Mengaktifkan Kembali Relawan Laskar Kebakaran Untuk Bantu Penanganan Covid-19

Sempat Vakum Bertahun - Tahun, Wali Kota Makassar Berencana Mengaktifkan Kembali Relawan Laskar Kebakaran Untuk Bantu Penanganan Covid-19
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 23 Juni 2020 11:01 WIB

Terasjabar.id - Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf, berencana mengaktifkan kembali relawan Barisan Laskar Kebakaran (Balakar) untuk membantu penanganan Covid-19. Organisasi masyarakat (ormas) tersebut sempat vakum bertahun-tahun sejak 2014.

Sejumlah anggota Balakar didampingi Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Elo Dewata Wahid, menemui Pj Wali Kota Yusran di kantornya, Senin (22/6/2020) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Elo mengatakan, berniat mengaktifkan kembali relawan Balakar untuk menunjang kinerja pemerintah daerah (pemda), khususnya sebagai tim teknis di lapangan.

"Kedatangan kami ingin meminta izin mengaktifkan kembali Balakar karena sejak 2014 relawan ini tidak berfungsi. Intinya kami meminta diaktifkan kembali," kata Elo saat dikonfirmasi di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (23/6/2020).

Menurut dia, Wali Kota menyambut baik rencana tersebut. Sebab dengan diaktifkannya kembali relawan Balakar, dapat meringankan tugas dan beban pekerjaan Dinas Damkar. Bahkan, mereka bisa turut membantu sosialisasi dan penanganan Covid-19.

"Dengan adanya keberadaan relawan ini sangat efektif untuk memberikan informasi jika terjadi bencana kebakaran. Lalu di masa pandemi Covid-19 ini, mereka akan turut menyosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat," ujar Elo.

Untuk teknisnya, kata dia, saat ini Dinas Damkar sedang berkoordinasi dengan camat-camat se-Kota Makassar untuk membagun posko Balakar. Kemudian peresmiannya pada 29 Juni mendatang, saat hari jadi ormas tersebut.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Barisan Laskar Kebakaran Wali Kota Makassar


Loading...