DPR Menyoroti Jatuhnya Pesawat Tempur Hawk 0209 Milik TNI AU, Minta Kemenhan Perhatikan Perawatan Alutsista

DPR Menyoroti Jatuhnya Pesawat Tempur Hawk 0209 Milik TNI AU, Minta Kemenhan Perhatikan Perawatan Alutsista
(Ayo Semarang : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 Juni 2020 10:00 WIB

Terasjabar.id - Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha, menyoroti jatuhnya jatuhnya pesawat tempur Hawk 0209 milik TNI AU pada Senin (15/6) kemarin. Menurutnya, hal itu menunjukkan adanya masalah pada perawatan alutsista TNI yang harus menjadi perhatian serius Kementerian Pertahanan.

"Perawatan sangat penting mengingat alutsista kita saat ini banyak yang bermasalah di antaranya karena banyak alutsista yang sudah berumur dan minimnya suku cadang," kata dia lewat keterangannya, Selasa (16/6).

Dia tidak ingin peristiwa jatuhnya pesawat atau helikopter kembali terjadi. Sebab, tidak hanya menimbulkan kerugian materiil, namun juga meninggalnya para perwira TNI yang terlatih.

"Sehingga pesawat dan helikopter atau kendaraan militer lainnya yang digunakan harus dipastikan benar-benar mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya," ucapnya.

Dia menuturkan, saat ini di semua matra TNI, masalah perawatan menjadi hal serius karena keterbatasan perawatan membuat banyaknya alutsista yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kemampuan tempurnya berkurang yang juga berimbas pada kerawanan atas keselamatan anggota TNI yang menggunakannya.

"Salah satu kendala klasik pada perawatan dan pengadaan alutsista adalah keterbatasan anggaran pertahanan yang masih yaitu sebesar Rp 131 T atau masih di bawah 1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Padahal idealnya anggaran pertahanan tidak kurang dari 1,5 persen dari PDB," tuturnya.

Beli Barang Berkualitas

Syaifullah melihat bahwa Kemenhan sudah berusaha memaksimalkan anggaran yang sudah ada. Di antaranya dengan menekan adanya mafia perdagangan alutsista, sehingga harga beli bisa lebih murah dibanding sebelumnya.

"Saya juga meminta kepada Kemenhan untuk memastikan bahwa pembelian alutsista dan suku cadangnya benar-benar yang berkualitas, dan sesuai dengan medan tempur dan pertahanan di Indonesia," pungkas dia.

Disadur dari Merdeka.com 

Pesawat TNI AU Terjatuh Desa Kubang Jaya Provinsi Riau Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha


Loading...