Memasuki Masa New Normal, Kemenag Wilayah Provinsi Sumut Mempersiapkan Pembukaan Pondok Pesantren

Memasuki Masa New Normal, Kemenag Wilayah Provinsi Sumut Mempersiapkan Pembukaan Pondok Pesantren
(Humas Sumut/Kemenag.go.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Juni 2020 09:52 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mempersiapkan pembukaan pondok pesantren (ponpes) memasuki masa new normal. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi nasional dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

“Kami membahas dan mempersiapkan hal-hal yang berkenaan dengan dimulainya kembali pembelajaran di pondok pesantren. Tentu kami tak ingin terburu-buru mengeksekusinya. Kita akan mempelajari situasi dan kondisi di masing-masing daerah, memetakan klasifikasi zona aman dan ancaman,” kata Plt Kakanwil Kemenag Sumut David Saragih, dikutip dari laman Sumut.kemenag.go.id, Sabtu (13/6/2020).

Wacana pembukaan ponpes tentu harus benar-benar dikaji secara mendalam. Jangan sampai nanti menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

David mengungkapkan, rapat koordinasi ini merupakan salah satu langkah untuk mengumpulkan data-data tentang dampak dari ditunda atau dibukanya ponpes di Sumut.

"Kami apresiasi KPAI melaksanakan rakor ini. Ada banyak stakeholder yang turut andil memberikan pemaparan terkait dampak dibukanya pondok pesantren. Ini akan kami jadikan bahan untuk persiapan pembukaan pesantren nantinya,” ujarnya.

Kakanwil Kemenag Sumut mengatakan, pembukaan ponpes juga masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

"Kami tetap menunggu edaran dari Menteri Agama terkait pembukaan pondok pesantren. Setelah itu, baru dibahas bersama lembaga terkait. Kami tidak mau tergesa-gesa, kamki juga akan memperhatikan protokol kesehatan jika nantinya pondok pesantren sudah bisa dibuka. Keselamatan anak-anak dan guru serta lingkungan di sekitar pesantren adalah yang utama,” ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus corona Pondok Pesantren Kemenag Provinsi Sumatera Utara KPAI


Loading...